Sebenarnya, pernikahan yang sakral dan bermakna tak melulu menghabiskan ratusan juta rupiah kokSah-sah saja jika kita punya cukup uang untuk bikin pesta pernikahan yang megah dan meriah dengan budget tinggi.  Tapi, kalau budgetmu saat ini hanya Rp50  juta, maka ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar pesta pernikahan impian tetap terlaksana. Berikut ini tips menggelar pesta dengan biaya pernikahan sederhana.

1. Capai kata sepakat

Biaya Pernikahan

Pesta nikah adalah awal bersatunya dua keluarga, yang bisanya punya nilai dan adat istiadat keluarga yang berbeda pula. 

Karena itu, jika biaya pernikahan kamu memang terbatas, pastikan kedua keluarga mengetahui. Tentu saja, orang yang perlu sepakat denganmu adalah pasanganmu terlebih dahulu, baru kemudian keluarga besar. 

2. Lebih kreatif

Biaya Pernikahan

Jika budget pesta pernikahanmu terbatas, tentu saja kamu harus punya banyak alternatif pilihan juga mengakali bagaimana agar pesta kamu tetap memorable tapi juga on budget

Coba gunakan ide-ide yang ada di Pinterest, media sosial yang satu ini adalah gudangnya mencari ide-ide kreatif. Cara lainnya, coba ingat tiga pesta teman yang kalian datangi berdua akhir-akhir ini. Pilih satu item yang paling kalian suka. 

3. Minta tolong saudara atau teman untuk meminimalisir biaya pernikahan

Biaya Pernikahan

Jika punya teman yang pandai memasak, coba jadikan dia sebagai konsultan, sekaligus orang yang bertanggung jawab untuk urusan catering kamu. Meski teman, jangan lupa tetap bayar jasa mereka, ya!

Atau jika punya adik kelas yang sedang butuh portofolio, kamu bisa ajak mereka untuk bantu-bantu di acara wedding, entah dengan membuatkan undangan, kue pernikahan, atau merancang baju nikahmu. 

4. Be your self

Biaya Pernikahan

Jangan pernah malu untuk membuat pesta pernikahan ala kamu sendiri. Jika memang budget yang kamu tetapkan tidak besar, dan hal tersebut sudah kamu sepakati bersama calon pasangan, maka tidak perlu malu dengan pendapat banyak orang. 

Jika kata sepakat sudah didapat, maka langkah kedua yang harus kamu ambil adalah menyusun daftar keperluan pernikahan.