Konsultasikan Cincin Impianmu!

Cincin eternity, cincin infinity, atau cincin listring adalah cincin yang dihiasi deretan batu berlian di atas rangkanya. Cincin ini melambangkan cinta tanpa akhir, jadi tidak heran kalau cincin ini sering digunakan untuk cincin kawin atau cincin tunangan.

Cincin berfungsi sebagai pengingat saat-saat berharga dalam kehidupan pasangan. Cincin ini juga dapat diteruskan kepada anak-anak dan cucu-cucu sebagai warisan. Dengan cara ini, cincin eternity membuat cinta pasangan menjadi abadi seperti makna yang dimilikinya

Pada dasarnya, cincin eternity adalah cincin yang dikelilingi berlian di rangkanya. Rangka cincin ini biasanya terbuat dari logam mulia, umumnya emas dan platinum. Cincin eternity yang memiliki berlian atau permata di sekeliling band sering disebut sebagai “full eternity ring”.

Ada juga jenis cincin keabadian yang disebut “half eternity ring”. Seperti namanya, cincin ini dikelilingi berlian hanya di bagian depannya saja. Simak penjelasan tentang keduanya di bawah ini, ya!

Full Eternity Ring

Full eternity ring memiliki berlian atau batu permata yang mengelilingi seluruh bagian rangka. Banyak orang menganggap full eternity ring terlihat lebih indah daripada yang setengah, karena seluruh bagiannya dihiasi berlian. Ini membuat cincin tersebut terlihat dan terasa jauh lebih mewah.

Namun kekurangannya, berlian atau permata di bagian bawah jarimu bisa terasa kurang nyaman dibanding cincin biasa. Selain itu, kotoran bisa terselip dengan mudah di celah-celah berlian, jadi kamu harus sering membersihkannya. Dari segi harga, full eternity ring jauh lebih mahal daripada half eternity ring.

Half Eternity Ring

Half eternity ring terdiri dari sederetan berlian yang dipasang di depan rangka cincin. Beberapa orang beranggapan cincin ini lebih praktis dan nyaman dipakai daripada cincin full eternity. Half eternity ring adalah jenis cincin yang paling banyak ditemukan. Harga cincin ini tentunya juga lebih terjangkau, meskipun hal ini masih tergantung pada berat total karat berlian dan bahan logam cincin tersebut.

Proses Pembuatan Eternity Ring

Close up hands of jeweller, goldsmiths making of golden ring with gemstone using professional tools. Craft production, precious and luxury jewel, hand made occupation. Workshop, artwork.

Membuat cincin keabadian membutuhkan pengalaman dan keterampilan. Beberapa cincin eternity sudah dirancang oleh mesin, tetapi yang paling indah dan tahan lama dibuat oleh seorang ahli perhiasan.

Pertama, ahli perhiasan memotong emas atau platinum menjadi seperti sepotong tali. Panjangnya harus sama persis dengan ukuran jari pemakai cincin. Mereka kemudian membentuk potongan dan menggabung ujungnya menjadi rangka cincin. 

Sementara itu, seorang ahli lainnya, ahli pembuat berlian, memilih berlian atau permata dengan hati-hati. Batu berlian harus cocok dalam ukuran, potongan, kejernihan dan warna. Setiap berlian juga perlu mengeluarkan kilau yang indah.

Memilih dan memasang batu pada rangka cincin adalah bagian yang paling sulit. Berlian harus diukur dengan tepat, sehingga pas berdampingan di sekeliling rangka tanpa celah. Seperti yang bisa kamu bayangkan, ahli berlian tidak bisa memasang batu dengan asal kalau ia salah menghitung ruang.

Karena cincin eternity buatan tangan dibuat khusus dengan pengukuran yang tepat, banyak toko perhiasan yang tidak bisa mengubah ukurannya atau memberi layanan pengembalian uang. Jadi waktu kamu membeli cincin, kamu harus selalu memeriksa kebijakan pengembalian dan memastikan kamu memilih ukuran cincin yang tepat.