Konsultasikan Cincin Impianmu!

Cincin kebesaran memang seringkali dijumpai pada pasangan yang sudah membeli cincin dalam jangka waktu yang cukup lama. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut?

  1. Memakai Plester

Cara pertama ini bisa dibilang cukup simpel dan umum dipakai untuk mengatasi kondisi cincin yang kebesaran. Agar mudah, kamu bisa memakai plester untuk memperkecil ukuran cincin. Kamu tinggal melilitkan plaster pada bagian belakang cincin. Pilih plester yang berbahan kain supaya kamu merasa nyaman saat memakai cincin. Plester yang terbuat dari plastik atau bahan licin lainnya bisa membuat jari jadi tidak nyaman. Selain itu, kamu juga bisa memilih plester yang sesuai dengan warna kulit sehingga tak tampak plaster tersebut.

  1. Menggunakan Lem

Lem biasanya dipakai untuk merekatkan benda yang rusah atau pecah. Tapi, kamu bisa memakai berbagai jenis lem untuk memperkecil cincin. Jenis lem pertama adalah lem tembak. Caranya cukup mudah. Kamu tinggal melelehkan lem pada bagian cincin yang kebesaran dan disesuaikan dengan ukuran jari. Jenis lem berikutnya yang bisa kamu pakai adalah lem kayu. Lem ini cukup praktis karena warnanya bening. Bisa dibilang cincin ini sangat dianjurkan karena tidak mencolok ketika dipakai. Maka, kamu sangat direkomendasikan untuk memakai lem ini.

  1. Pakai dengan Cara Silikon

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk memperkecil ukuran dengan cara silikon. Pertama, kamu perlu membersihkan cincin secara menyeluruh. Rendam cincin di dalam sabun cuci piring yang sudah dicampur air panas. Kemudian gosok dengan lembut memakai sikat gigi. Keringkan cincin secara menyeluruh.

Kemudian kamu bisa menyiapkan sealant silikon yang dioleskan dengan bantuan pengaduk kopi. Pastikan kamu memakai silikon bening. Beberapa contohnya seperti silikon food grade atau aquarium grade. Kamu harus terlebih dahulu menebalkan silikon di bagian dasar cincin. Pakai silikon sedikit saja, kecuali cincin memang sudah terlalu longgar.

Silikon juga harus dibuat sehalus mungkin dengan bantuan stik pengaduk kopi. Ingat bahwa silikon akan langsung menyentuh kulit sehingga harus dibuat sehalus mungkin. Usapkan stik di bagian dalam cincin sampai benar-benar halus. Kamu harus membersihkan silikon yang keluar dari cincin, bisa memakai tisu basah.

Setelah itu, biarkan silikon mengeras. Durasinya tergantung dari jenis silikon yang dipakai. Kira-kira berkisar antara 24 sampai dengan 48 jam. Cincin jangan sampai dipakai selama fase tersebut. Hal ini dilakukan supaya silikon bisa lebih tahan lama. Bila kamu ingin mengeluarkan silikon, cukup gunakan kuku jari atau jarum.

  1. Menempelkan Isolasi Bening

Selain plester, kamu juga bisa menempelkan isolasi bening pada cincin yang kebesaran. Ada beberapa cara mengatasi cincin kebesaran dengan memakai isolasi bening. Cara yang paling mudah adalah dengan melilitkan isolasi being di bagian belakang cincin. Selain cara ini, kamu juga bisa menambahkan isolasi di bagian dalam cincin. Gunting isolasi sesuai dengan lebar cincin. Kemudian tempelkan secara melingkar di bagian dalam. Memang cara kedua ini akan lebih rapi tapi bisa jadi kurang nyaman saat dipakai dan membuat cincin jadi lebih licin.

  1. Mengoleskan Cat Kuku

Cat kuku ternyata punya fungsi lain yang cukup berharga. Cara pemakaiannya mirip dengan menambahkan lem pada cincin. Agar tidak merusak warna cincin, kamu harus memilih cat kuku dengan warna senada atau bening. Caranya oleskan cat kuku di bagian cincin yang terlalu longgar.

Kamu harus menunggu cat kuku sampai benar-benar kering. Setelah itu, baru coba pakai cincin. Bila masih kebesaran, kamu bisa menambahkan lapisan cat cuku kembali. Tunggu sampai cat kering lalu pakai cincin. Salah satu kelemahan dari cara ini adalah prosesnya yang lebih lama daripada menggunakan lem. Kamu tinggal memakai larutan pembersih untuk membersihkan lapisan cincin tersebut.

  1. Memakai Per Pulpen

Apakah kamu punya pen yang sudah tidak dipakai? Jangan dibuang dulu karena ternyata ada bagian yang bisa dipakai untuk cincin emas yaitu pada bagian pernya. Caranya cukup mudah. Lepaskan bagian per dan lingkar dan kaitkan per di bagian belakang cincin. Hal ini akan membantu ukuran cincin pas dengan jari.

  1. Membuat Simpul Benang Jahit

Kalau di rumah ada benang jahit, kamu bisa memakainya untuk mengakali cincin emas yang longgar. Caranya juga mudah karena sama dengan memakai solasi. Pertama kamu perlu mengaitkan ujung benang di bagian belakang cincin terlebih dahulu. Kemudian kaitkan di sepanjang bagian belakang sampai cincin cukup tinggal sampai membuat cincin tidak longgar. Kemudian gunting untuk terkunci.

  1. Menggunakan Ban Bekas

Siapa sangka ternyata ban bekas bisa menjadi cara mengatasi cincin kebesaran. Cincin emas yang longgar bisa diperkecil dengan ban bekas. Cara ini memang agak sulit tetapi ban bekas memiliki keunggulan tahan air dan cepat kering. Kamu cukup menyiapkan ban bekas motor ataupun mobil namun ambil sedikit saja.

Untuk memakainya potong karet ban dengan menyesuaikan bagian samping kiri dan kanan cincin. Kemudia tempel bagian karet ban di bagian samping. Ban bekas yang kamu pakai dapat mengecilkan ukuran cincin sehingga disesuaikan ruang longgar pada bagian cincin.

  1. Pengganjal Cincin

Ternyata ada barang yang memang bisa dipakai sebagai pengganjal cincin. Ada dua jenis pengganjal cincin yang dijual secara online. Pertama ada yang berbentuk per sehingga bisa kamu lilitkan pada sisi cincin. Ada pula bentuk pengganjal yang memiliki tabung karet dengan model belah yang biasanya dikaitkan di bagian belakang cincin.

  1. Memakai Cable Tie

Pengikat kabel dan cable tie menjadi pilihan sebagai alat bantu untuk mengecilkan cincin yang longgar. Pertama kamu coba mengukur ukuran jari dengan cable tie yang paling kecil. Kemudian pilih warna transparan supaya tidak terlihat. Potong cable tie yang menyesuaikan dengan ukuran jari tersebut.

Kamu bisa menyelipkan cable tie ke bagian dalam belakang cincin. Kemudian lem supaya tidak berpindah posisi. Beberapa cable tie memiliki permukaan yang kasar dan halus. Kamu memakai permukaan halus di bagian luar supaya lebih nyaman dan tidak menimbulkan luka. Jangan lupa menggunting bagian kabel yang terluar.