Konsultasikan Cincin Impianmu!

Mempersiapkan Pernikahan dengan bujet Rp25 juta, kamu dapat memilih lokasi pernikahan yang murah atau bahkan tidak mengeluarkan biaya, misalnya memutuskan menikah di rumah.

Selain menghemat anggaran dan tidak perlu memikirkan durasi pesta, pernikahan di rumah pun memungkinkan kamu memiliki pesta yang hangat dengan nuansa kekeluargaan.Nah, berikut ini hal-hal yang perlu kamu persiapkan saat memutuskan menggelar pesta pernikahan di rumah.

1. Persiapkan tenda dan panggung pernikahan

2. Atur dekorasi pernikahan sendiri

Daripada harus mengeluarkan bujet yang besar untuk biaya vendor dekorasi pernikahan. Lebih baik jika kamu mengatur sendiri dekorasi pernikahan beserta properti yang ingin digunakan nantinya.

Mempersiapkan dekorasi pernikahan sendiri justru jauh lebih hemat dibanding menggunakan jasa dekorasi.

Misalnya, biaya jasa dekorasi pernikahan Rp10 juta termasuk kursi, meja, karpet, dan bunga, hal ini bisa kamu siasati dengan menyiapkan barang-barang tersebut sendiri atau meminjam tetangga dan teman. Biaya meminjam pada teman bisa saja 70 persen lebih murah, yaitu Rp3 juta.Nah, dengan cara ini tentu persiapan pernikahan kamu akan jauh lebih hemat dan berkesan.

3. Pilih sewa gaun pengantin

Untuk mendapatkan pernikahan yang berkesan tidaklah harus dengan membeli gaun pengantin yang mahal dengan harga ratusan juta.

Daripada harus membuang banyak uang untuk gaun yang hanya dipakai sekali saja, lebih baik untuk menyewa saja. Apabila pernikahan kamu memerlukan seragam untuk pagar ayu dan keluarga, maka kamu bisa mencari paket gaun pernikahan yang berkisar antara Rp3 juta sampai Rp5 juta.

” Baca juga Souvenir Pernikahan Yang Akan Menjadi Tren Pada Tahun 2022

4. Tentukan jumlah undangan

Selektif memilih siapa saja yang akan diundang penting untuk dilakukan karena hal ini akan berpengaruh kepada biaya yang dikeluarkan.

Semakin banyak tamu yang diundang, tentu kita membutuhkan lokasi yang lebih besar dan jumlah makanan yang banyak. Kamu tentu tidak mau bukan para undangan merasa tidak nyaman, bukan?

Nah, dalam menentukan siapa saja yang akan diundang ada baiknya untuk mendiskusikan bersama pasangan dan orang tua. Meski begitu, perlu diingat pula untuk membatasi jumlah undangan hingga kurang lebih 300 orang dan sudah termasuk kedua mempelai.

5. Pilih kartu undangan yang lebih murah

Saat akan menentukan surat undangan pernikahan, sebaiknya kamu telah putuskan siapa saja yang akan diberikan undangan, misalnya kolega-kolega penting saja.

Sedangkan untuk keluarga dan teman, ada baiknya untuk mengundang secara langsung baik itu dengan bertemu, menelepon, maupun berkirim pesan melalui ponsel.

6. Berikan souvenir sebagai penghargaan kepada tamu

Tidak lengkap rasanya apabila sudah mengundang tapi tidak menyiapkan souvenir. Souvenir yang istimewa dan berkesan tentu akan membuat tiap tamu undangan merasa senang dan dihargai.

Kamu dapat memilih berbagai souvenir pernikahan yang berkesan, bermanfaat dan ramah di kantong.

Misalnya, gunting kuku, kipas, gelas, dan masih banyak lagi.

7. Memasak hidangan sendiri

Persiapan pernikahan selanjutnya adalah katering. Seperti halnya gedung pernikahan, biaya katering merupakan bagian pernikahan yang membutuhkan bujet yang besar.

Untuk meminimalkan biaya katering, kamu dapat menyiapkan hidangan-hidangan tersebut sendiri. Dalam menyiapkan hidangan pernikahan sendiri, mintalah bantuan dari keluarga, teman, bahkan tetangga. Namun, jangan lupa untuk memberikan imbalan atas bantuan mereka, ya. Dengan memasak dan membeli bahan makanan sendiri, maka kamu bisa menghemat biaya hingga 30 persen, lho.

Misalnya, total tamu undangan adalah 300 orang dan sudah termasuk pasangan mempelai. Sedangkan biaya makanan buffet katering adalah Rp25 ribu per orang. Maka total biaya menjadi Rp7,5 juta atau 30 persen dari total bujet awal senilai Rp25 juta.

Berarti kamu sudah bisa menghemat 30 persen dari pemotongan katering. Surplus 30 persen ini bisa dikelola bersama keluarga dalam menentukan makanan yang lebih murah.

8. Menyusun acara yang menarik

Meski di rumah, namun kamu tetap bisa membuat acara yang berkesan. Susunlah acara dengan hal-hal yang menyenangkan dengan melibatkan anggota keluarga dan teman-teman.

Misalnya, bernyanyi dengan iringan musik dan sound system milik pribadi atau membuat permainan-permainan yang menghibur.

9. Menggunakan jasa dokumentasi dari teman

Untuk dokumentasi pernikahan, sebenarnya tidak perlu menyewa jasa fotografer yang mahal. Kamu cukup menggunakan kamera pribadi atau meminjam dari teman.

Kemudian mintalah mereka yang mahir membidik foto untuk mengabadikan momen pernikahan.

10. Siapkan biaya tidak terduga pernikahan

Meskipun kamu telah merencanakan semua persiapan pernikahan secara matang, namun tidak ada salahnya untuk menyiapkan biaya tidak terduga agar keuangan tetap aman sampai pernikahan berlangsung. Lebih baik siapkan kurang lebih Rp4 juta sebagai biaya tidak terduga pernikahan.

Nah, itu tadi adalah tips Mempersiapkan Pernikahan dengan budget 25 jt. Semoga bermanfaat yaa Winners!