Konsultasikan Cincin Impianmu!

Jenjang pernikahan adalah bukti keseriusan sepasang kekasih dalam menjalin suatu hubungan. Mengingat betapa sakral dan berharganya pesta pernikahan, banyak orang yang rela habis-habisan untuk urusan biaya. Agar semua dana bisa terkumpul, pasangan yang ingin menikah tentu harus menabung demi mewujudkan pesta pernikahan yang diinginkan. Bagaimana tips menabung untuk biaya pernikahan? Yuk baca sampai habis artikel ini Winners.

  1. Membuat Rincian Anggaran Biaya Pernikahan 
Menabung Untuk Biaya Pernikahan

Mulailah menyusun kebutuhan berserta rincian pengeluaran yang kalian perlukan untuk pernikahan idaman. Usahakan untuk membuat rincian kebutuhan pernikahan dengan sangat detail.

Jangan hanya berfokus pada bujet sewa gedung, gaun dan katering, pastikan pula bujet cetak undangan, ongkos kirim serta satpam tercatat dengan baik. Dan jangan lupa untuk menyiapkan dana tidak terduga.

  1. Membuat Rekening Tabungan Khusus Pernikahan
Menabung Untuk Biaya Pernikahan

Hal kedua yang harus dilakukan adalah membuka rekening tabungan khusus untuk pernikahan. Kamu dan pasangan bisa mengisi tabungan ini bersama-sama dari alokasi gaji masing-masing. Agar setiap pasangan menabung dalam porsi yang sama, sebaiknya diskusikan nominal yang ingin ditabung setiap bulannya.

Tujuan utama tabungan ini adalah untuk mengurangi gaya hidup boros, sehingga bisa sama-sama fokus untuk menyiapkan biaya pernikahan dengan baik. Kalaupun nominal yang terkumpul nantinya belum sesuai harapan, setidaknya kedua mempelai sudah mempunyai sumber dana lain untuk memenuhi biaya pernikahan.

  1. Kurangi Kencan Mewah dan Berlebihan

Kebiasaan holiday atau dinner di restoran mahal saat malam minggu tiba sebaiknya diubah. Sebagai gantinya, kamu dan pasangan bisa merencanakan berbagai aktivitas yang lebih hemat biaya. Misalnya, barbeque di rumah, movie marathon, makan malam, atau sekedar sharing mengenai masalah yang sering terjadi di kantor.

Meski terlihat membosankan, kegiatan ini justru lebih hemat dan dapat membangun chemistry, sehingga semakin mengenal kepribadian masing-masing. Hal ini tentu sangat berguna sebelum membangun bahtera rumah tangga nanti.

  1. Mencicil Segala Keperluan Untuk Menikah
Menabung Untuk Biaya Pernikahan

Keperluan untuk menikah sangat banyak. Selain mencari gedung dan katering, Kamu juga harus memikirkan gaun pengantin, sepatu, aksesori, seserahan pernikahan, hingga cenderamata pernikahan bagi para tamu. Semua ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi kalau kamu dan pasangan ingin pesta pernikahan yang mewah dan tak terlupakan.

Agar tidak memberatkan di hari-H pernikahan, sebaiknya cicil keperluan pernikahan setiap bulan. Misalnya, bulan ini membeli sepatu dan aksesori pernikahan, bulan depan membeli kosmetik, dan seterusnya. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki dan jangan berlebihan.

  1. Rencanakan Konsep Pernikahan Sesuai Budget

Untuk memprediksi estimasi biaya pernikahan, jangan lupa untuk merencanakan konsep pernikahan yang diimpikan. Apakah konsepnya indoor, outdoor, atau perpaduan keduanya. Setelah itu, kamu dan pasangan bisa mencari lokasi yang tepat agar pernikahan berjalan lancar sesuai keinginan.

Mintalah rekomendasi dari keluarga, teman, atau kerabat yang sudah pernah melangsungkan pernikahan dengan konsep yang kamu pilih. Untuk menambah referensi, manfaatkan internet atau sosial media yang dimiliki. Intinya, apapun konsep yang sudah direncanakan haruslah sesuai dengan budget, sehingga kamu dan pasangan tidak perlu lagi berhutang yang nantinya akan menyulitkan.

Nah itu dia tips Menabung Untuk Biaya Pernikahan, semoga berguna ya Winners!