Panduan Custom Cincin Nikah untuk Pesta Impian & Memorable

Daftar Isi

Panduan Custom Cincin Nikah untuk Pesta Impian & Memorable

Panduan ini akan meningkatkan rasio keberhasilan kamu untuk mendapatkan cincin pernikahan impian saat berkonsultasi dengan jasa custom cincin!

Menurut Kak Win, memutuskan custom cincin nikah ketimbang membeli yang sudah jadi bisa menjadi ide bagus sekaligus ide buruk. Tak sedikit yang menyesal memilih custom karena hasilnya ternyata di luar ekspektasi.

Sebenarnya, kuncinya ada pada pengetahuan kamu seputar custom cincin dan pilihan jasa yang tepat. Kedua hal ini mutlak kamu dapatkan agar cincin impianmu sesuai harapan.

Artikel ini akan membantu Winners untuk menghilangkan resiko gagal custom cincin kawin dengan membahas berbagai topik berikut:

  • Alasan custom cincin nikah
  • Apa saja yang dapat di custom?
  • Variasi bahan pilihan untuk custom
  • Jenis ketebalan cincin
  • Jenis lebar cincin
  • Custom hiasan cincin
  • Custom finishing cincin
  • Rekomendasi jasa custom cincin

Mengapa Custom Cincin Nikah?

Sebagian dari kamu mungkin masih ragu: beli cincin jadi atau custom sendiri?

Beli jadi mungkin memang lebih praktis dan tidak menyita waktu lama. Namun, custom cincin pernikahan menawarkan berbagai alasan yang membuatnya lebih menarik untuk kamu pilih.

1. Ukuran Bisa 100% Pas dan Nyaman

[Gambar jari yang menggunakan cincin yang pas]

Kesesuaian ukuran cincin dengan jari adalah faktor penting untuk kenyamanan ketika menggunakannya.

Di toko cincin, memang ada juga variasi ukuran yang bisa kamu pilih. Namun karena umumnya terbatas, kamu bisa jadi agak kesulitan menemukan yang benar-benar pas dan presisi dengan jari.

Kalau terlalu sempit, tangan mungkin sakit dan terluka. Jika sedikit longgar, cincin bisa lebih mudah lepas. Problem ini tak akan Winners dapatkan jika pesan custom.

2. Cincin Bisa Lebih Sesuai dengan Selera Personal

[Gambar cincin yang unik/tidak pasaran]

Beda kepala, beda isinya. Masing-masing orang punya ekspektasi yang berbeda soal cincin terbaiknya. Kamu dan pasangan juga pasti demikian, benar kan?

Kamu mungkin saja mendapatkan cincin yang 100% sesuai dengan ekspektasi. Sayangnya, kamu butuh ekstra waktu dan tenaga untuk hunting ke berbagai toko emas karena masing-masing tempat punya koleksi berbeda.

Dengan memilih custom, kamu dapat berkonsultasi langsung dengan pembuatnya secara detail. Hasilnya pasti benar-benar personal.

3. Budget Lebih Mudah Diatur

[Gambar cincin bebas/gambar dompet]

Custom cincin tak selalu lebih mahal daripada beli yang sudah jadi. Justru, kamu bisa mengatur budget lewat penyesuaian berbagai hal. Mulai dari bahan, tambahan hiasan, atau tingkat kerumitannya.

Dengan mengatur sendiri segala sesuatunya, kamu punya kendali untuk memastikan cincin nikahmu tetap dikerjakan on budget. Tinggal pintar-pintar saja mengkonsultasikannya.

4. Cincin Lebih Unik dan Memorable

[Gambar cincin yang khas, misal ada tulisan/simbol tertentu]

Memesan desain cincin sendiri juga dapat membantu kamu mendapatkan cincin unik yang tidak ada menyamainya. Misalnya jika kamu menambahkan pahatan atau hiasan khas lain pada permukaan dengan simbol tertentu.

Hiasan ini dapat memuat simbol yang membangun kesan tertentu saat orang lain melihat kamu memakainya.

Apa Saja yang Dapat Kamu Custom?

Ini adalah knowledge dasar yang wajib kamu tahu karena akan sangat membantu saat berkonsultasi dengan jasa custom cincin.

Setidaknya, ada beberapa hal yang dapat kamu atur dan sesuaikan:

  • Bahan, termasuk komposisinya.
  • Ukuran.
  • Tingkat ketebalan.
  • Lebar dan ramping cincin.
  • Hiasan.
  • Finishing.

Pada akhirnya, setiap unsur dalam kustomisasi untuk hal-hal di atas mempengaruhi harga. Misalnya meskipun bahan dan ukuran sama, tapi hiasan dan finishingnya berbeda, harganya juga bisa beda.

Selanjutnya, kita akan membahas satu per-satu komponen variasi custom yang dapat kamu eksplor.

Panduan Custom Bahan Cincin

Secara garis besar, bahan cincin utama cincin ada yang murni dan ada juga yang campuran

Hal pertama yang perlu kamu tentukan adalah bahan. Di toko perhiasan, ada aneka bahan cincin nikah yang tersedia. Masing-masing punya karakter yang berbeda..

1. Berlian

[Gambar cincin bahan berlian]

Popularitas berlian sebagai bahan cincin pernikahan bertahan sejak ini dulu hingga hari ini.

Perhiasan dengan bahan berlian sering dianggap simbol cinta. Mitologi Yunani menyebutnya sebagai bulir air mata dewa dan benda yang ada pada ujung panah Cupid. [1]

Karakternya kuat, keras, dan sangat tahan gores. Selain itu, lewat proses dan teknik tertentu, berlian dapat menghasilkan kilauan yang sangat indah.

2. Emas Putih

[Gambar cincin bahan emas putih]

Emas putih adalah emas yang bahannya bercampur dengan logam lain seperti perak atau palladium. 

Hasil custom cincin emas putih biasanya tampak putih keperakan dan memantulkan kilau yang indah. Cocok jika berpadu dengan hiasan berlian yang tersemat pada bagian atas cincin. Sifat bahan dari emas putih yang lunak, membuatnya mudah untuk pengrajin bentuk.

Meski sekilas mirip perak, bahan ini punya perbedaan krusial. Selain lebih berkilau, ia juga tidak mudah kusam sebagaimana perak.

3. Emas Kuning

[Gambar cincin bahan emas kuning]

Emas kuning memiliki bahan dasar emas murni yang dicampur dengan tembaga atau tidak zinc.

Meskipun secara harga lebih murah dari emas putih, tapi hasil custom cincin emas kuning kilaunya tak kalah bagus. Terlebih lagi, jika pemakainya adalah kamu yang memiliki tone kulit hangat. Kesan yang emas kuning hasilkan adalah klasik, mewah, dan elegan. 

Hanya saja, ia punya fisik yang lebih lunak membuatnya lebih mudah tergores ketimbang emas putih.

4. Perak

[Gambar cincin bahan perak]

Perak adalah logam mulia dengan warna khas yang keberadaannya lebih melimpah ketimbang emas. Wajar jika dari sisi harga cenderung lebih murah daripada emas.

Keunggulannya ada pada elastisitas teksturnya sehingga menjadi sangat mudah dibentuk. 

Selain itu, perak juga fleksibel karena bisa mendapatkan lapisan dari berbagai bahan. Jadi, custom cincin perak cenderung lebih mudah. Adapun minusnya, daya tahan perak lebih rendah dan warnanya lebih mudah pudar.

5. Goldium

[Gambar cincin bahan goldium]

Goldium merupakan bahan perhiasan eksklusif dengan warna dasar putih dan berasal dari campuran tiga logam mulia: emas, perak, dan palladium.

Komposisi ketiganya menghasilkan bahan perhiasan bernilai tinggi (lebih tinggi dari emas dan perak). Teksturnya lebih kuat, ketahanannya lebih baik, perawatannya juga mudah.

Satu lagi, bahan ini juga tergolong tidak memicu alergi (hypoallergenic) sehingga cocok untuk semua kalangan.

6. Platinum

[Gambar cincin bahan platinum]

Platinum sekilas menyerupai emas putih. Padahal, bahan perhiasan ini bukanlah hasil campuran seperti emas putih, melainkan logam mulia tersendiri yang khas.

Warna putih platinum tampak lebih mewah, bersih, dan menawan. Kandungannya juga memberi efek ketahanan tinggi, baik dari segi ketahanan fisik maupun tahan pudar. Ini berlaku jika kadar platinum yang ada pada cincin lebih banyak ketimbang campuran logam lain.

7. Palladium

[Gambar cincin bahan palladium]

Palladium kini menjadi cincin favorit pria Muslim yang memiliki keyakinan cincin nikah tidak boleh emas.

Bahan ini masih satu keluarga dengan platinum meski secara level ada di bawahnya.

Karakter pada palladium memang cocok untuk pria. Bahannya ringan, modelnya biasanya simple, dan membersihkannya relatif mudah. Tak heran jika custom cincin palladium sering jadi pilihan utama pria.

8. Platidina

[Gambar cincin bahan platidina]

Platidina adalah bahan perhiasan campuran dari palladium, platina, serta perak. Biasanya, mendapat finishing putih glossy.

Fisik bahan ini kuat, padat, keras, dan tahan gores. 

Karena bebas dari campuran emas, platidina juga alternatif bahan cincin ekslusif untuk pria Muslim. 

Selain memilih bahannya, kamu juga perlu menentukan kadar dari bahan utama yang kamu pilih. Biasanya request kadar ini opsinya bersifat prosentase.

Panduan Custom Ukuran Cincin

Dengan memilih custom, cincin pernikahanmu hampir pasti presisi.

Ukuran cincin mengacu pada hitungan keliling lingkaran jari dan diameter jari. Patokannya menggunakan ukuran milimeter.

Jika kamu membeli cincin jadi di toko, memahami ukuran ini sangat berguna untuk membantu penjaga toko memilih cincin dengan ukuran paling pas untukmu. 

Namun kalau kamu memutuskan untuk memilih custom, maka jasa custom akan mengukur secara khusus jarimu. Jadi, standar patokan size di atas tak penting lagi untuk kamu.

Satu hal yang harus kamu catat, ukuran ini nantinya berpengaruh pada bobot cincin. Misal jika pada ukuran 7 bobot cincin 3 gram, maka untuk ukuran 14 bisa menjadi 4 gram.

Panduan Custom Ketebalan Cincin Nikah

Ketebalan cincin dapat kamu variasikan pada setiap bagiannya.

Cincin paling tipis biasanya ada di level ketebalan 1,5 milimeter. Adapun untuk tebal maksimalnya, bisa mencapai lebih dari 6 milimeter.

Dalam aplikasinya, ukuran ketebalan dapat kamu variasikan dalam beberapa style, antara lain: 

1. Simetris

[Gambar cincin dengan tebal simetris]

Maksudnya, pada setiap bagian cincin, kadar ketebalannya sama. Jadi, cincin mampu membangun kesan simple dan elegan. 

2. Menipis

[Gambar cincin dengan tebal menipis]

Ketebalan antar bagian berbeda. Misalnya di bagian atas tebal, namun semakin ke bawah ketebalannya semakin tipis.

3. Euro Style

[Gambar cincin dengan ketebalan euro style]

Cincin dengan bentuk khas yang memberi kadar ketebalan lebih banyak pada sebagian sudut cincin. Hasil akhirnya tampak kombinasi bentuk lingkaran dan persegi yang memuat kesan klasik dan mewah.

Panduan Custom Lebar Cincin

Lebar dan ramping, bisa menghasilkan kesan khusus bagi kamu yang memakainya.

Lebar cincin adalah ukuran permukaan cincin dari satu tepi ke tepi yang lain. Seberapa lebar cincin juga dapat mempengaruhi kesan yang cincin hasilkan. Maka dari itu, penting untuk kamu pertimbangkan.

Standar cincin yang lebar adalah 4 milimeter ke atas. Sedangkan di bawahnya terkategori ramping. Style lebar ini meliputi:

1. Simetris

[Gambar cincin dengan lebar simetris]

Semua bagian memiliki lebar yang sama. Tidak ada yang lebih lebar dan tidak ada yang lebih ramping.

2. Meramping ke Bawah

[Gambar cincin dengan lebar ramping ke bawah]

Semakin ke bawah, lebar cincin semakin ramping.

3. Meramping ke Atas

[Gambar cincin dengan lebar ramping ke atas]

Bagian bawah lebar, namun semakin ke atas menjadi semakin ramping.

4. Mengapit

[Gambar cincin dengan lebar mengapit]

Bagian atas dibentuk sedemikian rupa dengan lebar bahu cincin yang menyerupai jepitan yang mengapit permata atau berlian di tengah.

5. Meramping Setengah

[Gambar cincin dengan lebar meramping setengah]

Membagi setengah bagian cincin lebih lebar, sementara yang lainnya ramping.

6. Bersimpangan

[Gambar cincin dengan lebar bahu bersimpangan]

Lebar cincin diatur saling bersimpangan antara bahu cincin kanan dan kiri.

7.  Membelah

[Gambar cincin dengan lebar bahu membelah]

Bahu cincin memiliki celah di tengahnya dan mengapit permata. 

8. Bebas

[Gambar cincin dengan lebar bebas]

Lebar cincin tidak beraturan, bebas, dan tampak bergelombang, sering disebut free-form.

Panduan Custom Hiasan Cincin

Hiasan akan menguatkan kesan dan simbol yang ingin kamu tunjukan pada cincin.

Hiasan bukan hanya pelengkap. Winners dapat membangun kesan tertentu dengan request hiasan yang beraneka ragam. Ada sejumlah bentuk hiasan yang bisa kamu custom pada cincin, antara lain:

  • List: berupa garis yang melintang atau membentang di permukaan cincin.

[Gambar cincin dengan hiasan list]

  • Permata: penambahan batu mulia pada bagian tengah atau sekeliling cincin. Misalnya dengan berlian atau bahan sintetis seperti zirconia. Baik dengan ditanam, penggunaan bezel, atau teknik lainnya.

[Gambar cincin dengan hiasan permata]

  • Cukitan: pembuatan motif dengan alat cukit, motif umum biasanya berupa model pasir (bintik-bintik) dan cukit arsir (garis seperti arsiran)

[Gambar cincin dengan hiasan cukitan]

  • Pahat: pembuatan motif atau simbol tertentu dengan teknik pahat menggunakan paku khusus untuk menampilkan angka, huruf, gambar, atau simbol lainnya.

[Gambar cincin dengan hiasan pahatan]

Menambah hiasan atau membiarkannya polos tanpa hiasan mempengaruhi tingkat kerumitan dan budget yang kamu keluarkan.

Kalau Kak Win kategorikan, ada beberapa jenis level kerumitan yang standarnya bergantung pada penggunaan hiasan ini, antara lain:

1. Sangat Simpel

[[Gambar cincin sangat simpel]

Cincin dengan kerumitan paling rendah. Hanya mengandalkan keindahan bentuk dasar tanpa menambahkan hiasan apapun.

Jika kamu memilih bahan yang mengkilap, cincin tanpa hiasan juga akan tetap menarik. Kamu tetap mampu menjadi pusat perhatian dalam pesta.

2. Simpel

[Gambar cincin dengan hiasan simpel]

Cincin yang menggunakan hiasan dan aksen tidak terlalu banyak. 

Misalnya dengan menambahkan beberapa bulir permata, satu atau dua jenis list melintang, atau pahatan pada sedikit bagian cincin.

3. Rumit

[Gambar cincin dengan hiasan rumit]

Cincin yang penuh dengan hiasan di permukaannya. Detailnya banyak, lebar rampingnya variatif, aksennya meliuk-liuk, atau membutuhkan ketelitian untuk memprosesnya.

Untuk membuat cincin dengan karakter rumit, perlu komposisi atau kadar bahan tertentu. Misal jika objek yang kamu ingin custom adalah palladium, kadar yang kami sarankan 60 atau 150. 

Panduan Custom Finishing Cincin Nikah

Finishing adalah tahap akhir setelah cincin memiliki bentuk dan hiasan yang yang menunjukan keindahannya.

Proses ini dapat membuat cincin lebih indah, mengkilap, atau menguatkan kesan tertentu. Kamu bisa request beberapa macam finishing, antara lain:

1. Glossy

[Gambar cincin dengan finishing Glossy]

Glossy adalah proses melapisi cincin dengan bahan tertentu yang membuat tampilannya lebih berkilau. Bahan dasar cincin yang pada dasarnya berkilau, bisa ekstra berkilau dengan finishing ini.

2. Doff

[Gambar cincin dengan finishing doff]

Doff atau matte justru berkebalikan dengan hiasan glossy. Finishing ini malah bertujuan ini menghilangkan efek kilau pada cincin. Sebagian dari Winners mungkin ada yang tidak suka aksesorisnya tampak terlalu mencolok dan cocok dengan hiasan doff.

Proses doff sendiri bisa menggunakan beberapa alat untuk menghasilkan efek yang sedikit berbeda. Ada doff halus yang menggunakan alat kompresor, doff amplas yang memakai amplas khusus, serta doff satin yang dihasilkan dari mata gerinda serta sedikit mengkilap.

3. Poles

[Gambar cincin dengan finishing poles]

Proses poles meski sama-sama bertujuan membuat cincin makin berkilau seperti glossy, tapi prosesnya tidak menggunakan bahan laminasi tambahan. Namun, poles adalah kegiatan menghaluskan cincin untuk mendapat kilau sebagai efek dari bahan aslinya.

Rekomendasi Jasa Custom Cincin Nikah

Dengan proses dan kebutuhan custom yang sudah kami jelaskan, setidaknya jasa custom pilihan kamu harus memiliki kriteria berikut:

  • Dapat menangkap ide dan imajinasi kamu dengan baik
  • Detail dan penuh ketelitian
  • Berpengalaman, sebagai jaminan kemampuan memberikan pelayanan service maksimal dan personal.
  • Menawarkan variasi custom yang sesuai dengan keinginan kamu.

Semua kriteria tersebut, bisa kamu dapatkan dari Winata Jewelry!

Kami adalah perusahaan manufaktur spesialis custom cincin sejak 2019 dan memiliki galeri di berbagai kota besar di Indonesia. Kami sudah mengerjakan banyak desain, mulai dari yang paling simple hingga paling rumit.

Untuk Winners semuanya, Feel free untuk konsultasi sekarang. Mari sini, hubungi kami dan ceritakan bagaimana wujud custom cincin nikah impianmu!

Other Article

Koleksi Cincin:

Follow Us: