Konsultasikan Cincin Impianmu!

Perbedaan Mahar dan Maskawin? Pasti banyak yang belum tau nih perbedaannya. Nih Kakwin jelasin ya Winners.

Pernikahan adalah momen penting dalam hidup, jadi kamu harus bersiap. Pengantin yang baru menikah jarang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk mengadakan pernikahan mewah yang tak terlupakan. Pernikahan mewah bisa saja diadakan, namun apa bedanya mahar dan mas kawin yang sesungguhnya?

Apa itu mahar?

Banyak orang yang penasaran dengan perbedaan antara mahar dan mas kawin. Mahar adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab. Mahar dalam bahasa tersebut dapat digunakan oleh 6 kata yang berbeda (seperti nihlah, shadaq, ‘alaiq, hibah, dan faridhah). Mahar dapat diartikan sebagai harta yang diberikan suami kepada istri dalam akad nikah.

Pengertian maskawin

Bagaimana dengan mas kawin? Sebenarnya mas kawin adalah sebutan mahar dalam bahasa Indonesia. Artinya, mahar dan mas kawin memiliki arti yang sama. Mahar dan mas kawin merupakan pelengkap pernikahan, bukan isi utama pernikahan itu sendiri. Mahar suami kepada istrinya merupakan tanda cinta seorang pria terhadap wanita yang dinikahinya.

Oleh karena itu, calon pengantin pria tidak perlu terlalu khawatir dengan apa bedanya mahar dan mas kawin yang akan dibawanya untuk calon istri tercinta. Karena yang terpenting mahar tidak boleh menjadi beban bagi pengantin baru. Mahar tidak selalu merupakan barang mahal, tapi bisa menjadi jasa atau apapun yang bermanfaat bagi pengantin.

” Baca juga Administrasi Penting yang Harus di Urus Setelah Menikah

Bahkan jika pengantin pria tidak dapat membayar tunai, dia masih dapat menggunakan hutang untuk membayarnya, yang akan mengarah pada upacara. Banyak pasangan suami istri yang percaya bahwa mahar haruslah menjadi salah satu bentuk nilai ekonomi.

Misalnya pula mempelai pria memberikan cincin kawin  kepada ibunya sebagai mas kawin, atau memberikan mas kawin kepada istri tercinta. Meski mungkin mahar tersebut tidak memiliki nilai ekonomis yang tinggi, namun tentu masih dapat menguntungkan bagi sang pengantin wanita sebagai penerimanya.

Oleh karena itu, perlu dijelaskan bahwa mahar dapat berupa apa saja karena hanya bersifat simbolis. Mempelai laki-laki yang akan menikah tidak perlu terlalu pusing memikirkan mahar, apalagi bila sang mempelai wanita dan keluarganya bisa memberikan keringanan.

Mahar juga merupakan hal yang perlu dibicarakan bersama dan tidak boleh menjadi beban salah satu pihak. Sekarang kamu tahu bahwa apa bedanya mahar dan mas kawin, adalah hal yang sama, namun namanya berbeda. Jika mahar dalam bahasa Arab, maka mas kawin adalah nama Indonesia. Mahar pengantin juga bisa dalam bentuk perhiasan.

Tidak ada mas kawin nyata yang mengharuskan laki-laki menebus berapa, karena mas kawin dilakukan sesuai keinginan atau kesepakatan kedua belah pihak. Bentuk yang diberikannya tidak harus berupa uang, tetapi segala sesuatu yang legal dapat digunakan sebagai alat tukar.

Nah, Winners udah taukan sekarang Perbedaan Mahar dan Maskawin