Konsultasikan Cincin Impianmu!

Menggelar pesta pernikahan adalah harapan setiap pasangan yang sedang berbahagia. Kamu pun berharap pesta pernikahanmu hanya sekali seumur hidup. Karena hanya sekali, kamu menjadikannya momen penting dan tak kan terlupakan. Konsep pernikahan yang dipilih tentunya harus sesuai keinginanmu, mau Pernikahan tradisional ataupun modern.

Pilihan yang sering diperdebatkan adalah konsep tradisional atau modern. Kamu dan keluarga perlu berunding mengenai konsep yang akan digunakan di pernikahan. Apabila kamu berasal dari keluarga yang masih dekat dengan adat dan budaya, tradisional adalah pilihan tepat. Sedangkan konsep modern kebanyakan dipilih karena lebih simple dan tidak terlalu ribet. Lalu, apa yang membedakannya? Kamu bisa pertimbangkan hal-hal berikut, seperti yang dilansir dari berbagai sumber. Simak ya!

  • Desain Pakaian

Pakaian yang dikenakan pada upacara pernikahan tradisonal biasanya itu-itu saja. Desain dan model gaunnya sudah turun temurun, tidak berubah karena sudah ada ketentuannya. Tapi, warna pada koleksi pakaian pernikahan tradisional berkembang seiring berjalannya waktu. Model dan pilihan pakaian pada pernikahan modern lebih beragam, karena mengikuti tren. Kamu bisa leluasa memilih desain dan bahan kainnya.

  • Warna Pakaian
Pernikahan tradisional

Konsep pernikahan modern lebih mengutamakan warna putih dan warna pastel. Sedangkan pada pernikahan tradisional, kamu akan mengenakan warna yang lebih bold dan tidak hanya satu macam warna. Jadi, kamu dapat pilih sesuai warna favoritmu.

  • Make Up
Pernikahan tradisional

Pakaian pasti sudah jelas perbedaanya, begitupun make up alias riasan pengantinnya. Kalau modern, kamu bakal dirias dengan make-up yang natural namun dapat menonjolkan paras wajahmu. Sedangkan tradisional, kamu didandani dengan sedikit ‘menor’ karena riasan yang sesuai tradisi. Ciri khas riasan tradisional akan memberikanmu kesan atau pengalaman yang berbeda.

  • Lokasi dan dekorasi
Pernikahan tradisional

Jika konsep modern berlokasi di gedung atau outdoor, dekorasi dan desain tempat berlangsungnya pernikahan bisa bebas kamu atur sesuai tema yang kamu pakai. Biasanya konsep garden party atau outdoor wedding adalah favorite pada pesta resepsi modern. Nah, pernikahan tradisional, lebih sering berlokasi dalam ruangan karena kesan sakralnya lebih terasa. Dekorasinya tidak jauh berbeda pada konsep tradisional, yang tata letak panggungnya dan hiasannya hampir sama.

  • Mengenal Budaya
Pernikahan tradisional

Pastinya, pada pesta tradisonal, kamu akan mengenal adat dan budaya dengan ritual dan tata acara yang sudah turun temurun. Mau melewatkannya begitu saja? Tidak ada salahnya menjajal ribetnya konsep tradisional namun berkesan. Nah, kalau masih bingung menentukan salah satunya, alternatifnya adalah akad nikah dengan konsep tradisional, resepsi dengan konsep modern. Atau sebaliknya. Tentukan pilihanmu, oke?