Konsultasikan Cincin Impianmu!

Apa itu Platina/Platinum?

Platina adalah salah satu logam mulia yang berwarna putih abu-abu, padat, lunak, ulet, sangat tidak reaktif dan berharga. Platina lebih ulet dari pada emas, perak atau tembaga, sehingga merupakan logam paling ulet diantara logam murni lainnya. Dalam tabel periodik, perak memiliki lambang Pt dengan nomor atom 78. Winata Jewelry memproduksi palladium dalam beberapa kadar sebagai berikut :

  • Platina 90%
  • Platina 25%
  • Platina 10%
  • Platina 5%

Keunggulan cincin platinum dapat dilihat dari segi kepadatan, kekuatan, dan lebih berkilau dibandingkan dengan logam lainnya. Selain itu, kelebihannya juga memiliki tingkat kekerasan yang baik. Sehingga cocok digunakan oleh para pria yang mempunyai aktivitas lebih banyak di luar rumah. Namun, Platinum sebagai cincin pernikahan juga tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan tertentu. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan

  • Tidak Menimbulkan Reaksi Alergi

Tidak perlu khawatir jika kamu mempunyai kulit yang sensitif namun ingin tetap menggunakan cincin pernikahan. Platinum menjadi pilihan bahan yang tepat karena platinum menggunakan campuran logam mulia lain yang bersifat hypoallergenic, sehingga tidak menimbulkan reaksi alergi saat digunakan.

  • Kualitasnya Paling Bagus dibanding Logam Mulia lainnya

Platinum merupakan logam dengan kepadatan yang tinggi, sehingga platinum dengan kadar tinggi lebih berat dibanding emas dan logam lainnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan menggunakan cincin kawin dari platinum akan merasakan bahwa terasa lebih nyata, berat, dan memiliki kualitas yang tinggi dibanding perhiasan dari logam lainnya.

  • Logam Paling Kuat dan Tahan Lama

Jika selama ini kebanyak orang masih memilih emas sebagai logam paling baik, ternyata platinum memiliki ketahanan yang lebih baik. Beberapa logam mulia cenderung rapuh dan mudah retak. Akan tetapi, logam ini sangatlah padat dan kuat. Bahkan, platinum tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh paparan zat kimia yang mengandung sulfur dan asam hialuronat. Sehingga, cincin Platinum sangat cocok jika digunakan untuk Kamu yang melakukan aktifitas yang berat dan mengakibatkan cincin mudah tergores.

  • Menahan Batu Permata Lebih Baik

Hal yang sering terjadi jika cincin yang dipasang batu permata atau berlian terlepas dari cincin kawin. Terlepasanya permata ini bisa disebabkan karena logam penahannya menipis dan menyebabkan prong atau garpu yang menahan batu permata menjadi longgar. Atau, bisa juga disebabkan karena benturan keras yang membuat prong patah atau rusak.

Tapi, hal seperti itu tidak akan Kamu temui pada cincin kawin dari platinum. Kekuatan, ketahanan, dan ketahanan terhadap korosi membuat logam jenis ini tidak mudah patah atau menipis, sehingga mampu menahan batu permata pada perhiasan lebih baik dibanding logam mulia lainnya. Winata Jewelry juga memberikan garansi 3x pasang permata jika permata lepas dari cincin.

  • Paling Tahan Terhadap Perubahan Warna

Dengan berjalannya waktu, semua logam akan mengalami perubahan warna. Contohnya saja emas putih yang perlahan akan pudar dan mulai berwarna kekuningan, atau perak yang lambat laun akan menghitam. Namun, hal ini tidaklah terjadi pada logam platinum apalagi dengan kadar yang tinggi. Warna putih berkilau pada cincin kawin Kamu akan tetap cantik bahkan saat digunakan beberapa tahun mendatang.

  •  Perawatannya Mudah

Untuk menjaga keindahan cincin nikah platinum agar tetap bagus dan terawat, cukup menggunakan campuran larutan sabun dan air hangat lalu lap secara lembut.  Untuk hasil yang lebih maksimal, bisa menggunakan garansi poles ulang yang diberikan Winata Jewelry. Dengan demikian, Kamu tidak perlu mengeluarkan usaha atau biaya ekstra dalam merawat cincin kawin atau perhiasan.

Kekurangan

  • Tidak bisa Membuat Model Rumit

Tekstur keras dan padat yang terdapat dalam platinum ternyata bisa menjadi salah satu kelemahannya. Ini akan membuat cincin sulit untuk dibentuk, oleh karena itu untuk platinum dengan kadar tinggi cenderung dibuat dengan sederhana dan tidak terlalu rumit.

  • Lebih Berat

Cincin Platinum cukup berat dibandingkan dengan jenis cincin lainnya. Ini disebabkan oleh kepadatan yang dikandungnya. Ketidaknyamanan dapat terjadi sedikit ketika Kamu pertama kali ingin memakainya. Seiring berjalannya waktu kelamaan kamu secara bertahap akan terbiasa dengan cincin platinum.

Setelah melihat ulasannya, kamu bisa mempertimbangkan jenis cincin nikah mana yang akan digunakan dan apakah sudah sesuai dengan harapan dan kebutuhan. Jika masih kebingungan maupun yang lainnya, maka nanti bisa berkonsultasi dengan Winata Jewelry.