Konsultasikan Cincin Impianmu!

Proses mengikatkan diri melalui pertunangan tentu merupakan momen sakral bagi pasangan yang serius ingin menikah. Banyak orang rela menabung jauh-jauh hari demi merayakan pernikahan. Biaya dibutuhkan untuk persiapan tetek bengek sebelum pernikahan, mulai dari membeli cincin tunangan, membuat undangan, negosiasi keluarga dari masing-masing pasangan, dan lainnya. Salah satu persiapan penting sebelum pernikahan ialah memilih cincin tunangan yang sesuai selera dan cocok untuk diselipkan di jari manis pasangan. Bagi pasangan dengan anggaran minim, bisa jadi harus berpikir keras menyiasati pembelian cincin tunangan. Demi memenuhi keinginan pasangannya, kadang kala, salah satu atau keduanya harus rela keliling toko perhiasan demi menemukan cincin dengan harga miring. Terdapat beberapa tips untuk membeli cincin tunangan dengan anggaran terbatas. Berikut akan kami bagikan Tips Memilih Cincin Tunangan

1. Cari tahu jenis logam mulianya

Pertama-tama, diskusikan dengan pasangan kamu mengenai logam mulia yang ia inginkan. Logam mulia jenis apa yang sesuai keinginan hati masing-masing pasangan? Jika menyukai logam mulia berwarna seperti rubi atau safir, kocek yang dirogoh bisa jadi lebih dalam daripada batu berlian. Kemudian, jika pasangan kamu ingin logam mulianya tampak seperti berlian, tetapi abai apakah itu asli atau tidak, pertimbangkan logam moissanite, yang kisaran harganya lebih murah dari berlian asli. Logam zirkonia kubik juga bisa menjadi pilihan alternatif.

2. Jika cincinnya dari emas, pertimbangkan fluktuasi harga

Ketika akan memutuskan membeli cincin emas untuk pertunangan, ketahui bahwa harga emas mengalami fluktuasi seiring dengan inflasi dan perubahan nilai mata uang. Jika ingin mendapatkan harga yang murah, carilah waktu yang tepat ketika harga emas mengalami penurunan.

3. Jika dana minim, jangan beli cincin di toko perhiasan terkenal

Jika merek tidak terlalu penting bagi kamu, carilah cincin di toko lokal daerah, bukan dari penjual perhiasan terkenal atau toko yang menyediakan merek perhiasan branded. Jika mau berhemat, kamu bisa mengunjungi beberapa toko perhiasan lokal dan membandingkan harga serta kualitas cincin jualannya. Setelah menemukan yang cocok, barulah memutuskan untuk membeli cincin tunangan.

4. Pertimbangkan opsi pembelian daring

Berkat bantuan internet, Anda dapat memanfaatkan toko daring (online shop) untuk berburu cincin tunangan. Tanpa harus capek-capek berkeliling wilayah atau berkunjung dari satu toko perhiasan ke toko perhiasan lain, semua orang bisa membandingkan harga-harga cincin dan logam mulianya dari pelbagai toko daring yang sudah ada, hanya dengan ketukan jari di layar gawai.

5. Pertimbangkan desain cincin

Jika ingin memiliki model cincin yang lain daripada yang biasa atau cincin custom yang desainnya belum pernah ada sebelumnya, kamu dapat memesannya jauh-jauh hari ke toko perhiasan. Desain yang unik, contohnya cincin yang memiliki motif dari inisial nama masing-masing pasangan atau cincin dari sidik jari yang belakangan populer, tentu membuat harga semakin mahal. Desain yang rumit atau unik biasanya memerlukan biaya ekstra. Bagaimanapun juga, desain baru berarti pengrajin harus membuat cetakan baru. Untuk membuat desain baru juga memakan waktu pada proses perancangannya dan tidak bisa sekali jadi.

6. Tradisi bertukar cincin saat pertunangan tidak harus diikuti

Jangan terbebani dengan budget minim untuk menyempurnakan hubungan romantis Anda. Jika memang tidak tersedia uang mencukupi, jangan memaksakan diri untuk membeli cincin tunangan yang harganya mahal. Tradisi bertukar cincin tunangan seharusnya tidak menghalangi hubungan Anda dengan pasangan. Anda dapat menghadiahkan cincin jenis apa pun, selagi tidak menyinggung perasaan masing-masing pihak. Bahkan, tanpa cincin tunangan pun, pertunangan Anda tetap bisa dilanjutkan.

Nah itu tadi merupakan Tips Memilih Cincin Tunangan untuk kamu. Semoga bermanfaat ya winners