Konsultasikan Cincin Impianmu!

Pernikahan merupakan momen istimewa untuk pasangan pengantin. Semua hal dipersiapkan secara khusus dan matang untuk terselenggaranya hari pernikahan yang lancar dan didambakan. Termasuk dalam memilih tanggal pernikahan yang tepat untuk hari penyatuan pasangan kekasih ini.

Banyak masyarakat di Indonesia yang percaya bahwa untuk menyelenggarakan hari pernikahan harus di tanggal cantik agar acara berlangsung lebih istimewa. Ada juga beberapa adat tradisional yang memiliki perhitungan waktu khusus saat memilih hari pernikahan agar rumah tangga yang akan dibangun tetap kuat, utuh dan bahagia.

Nah, untuk Winners yang mau melangsungkan pernikahan, nih Kakwin kasih beberapa tips agar tak salah dalam memilih hari bahagia tersebut.

1. Jarak Waktu Penetapan dan Hari Nikah

Memilih Tanggal Pernikahan

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan para pasangan sebelum menentukan hari pernikahan adalah jarak waktu dengan sekarang. Hindari jarak yang terlalu mepet agar kita lebih leluasa dalam menentukan konsep dari pernikahan yang kita inginkan.

Pemilihan waktu yang mepet juga dapat mempersulit kita untuk mendapatkan venue, makeup artist hingga katering yang kita inginkan. Biasanya venue dan makeup artist favorit telah dibooking dari jauh-jauh hari.

2. Usahakan Pilih Hari Libur

Memilih Tanggal Pernikahan

Saat menyelenggarakan hari pernikahan pastinya kita ingin semua keluarga dan sahabat datang merayakan hari bahagia kita ini. Agar semua tamu yang kita inginkan dapat hadir dalam pernikahan kita pastikan tanggal yang kita pilih merupakan waktu libur seperti hari Sabtu ataupun Minggu.

Saat memilih hari pernikahan juga disarankan untuk menghindari hari-hari besar seperti Hari Lebaran, bulan puasa, Natal dan juga Tahun Baru. Hal ini dikarenakan kemungkinan tamu yang akan hadir sangat kecil karena mereka pastinya lebih memilih menyelenggarakan hari besar bersama keluarga terdekat.

3. Primbon Tanggal

Memilih Tanggal Pernikahan

Ada beberapa suku di Indonesia yang memiliki adat untuk menentukan tanggal pernikahan berdasarkan hari baik. Seperti tradisi pernikahan Jawa yang menentukan hari pernikahan berdasarkan tanggal lahir pasangan pengantin.

Menentukan hari pernikahan berdasarkan hari lahir dan hari baik dipercaya dapat membuat pernikahan lebih langgeng dan harmonis. Untuk kamu yang memiliki tradisi perhitungan hari pernikahan tidak ada salahnya untuk mencoba menetapkan tanggal pernikahan dengan hitungan ini.

4. Tanggal Kesediaan Venue

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tanggal kesediaan venue merupakan salah satu hal penting dalam penentuan tanggal pernikahan. Apalagi untuk kamu yang memiliki pernikahan impian disuatu venue istimewa.

Untuk itu disarankan untuk mencari tahu dulu venue yang akan digunakan dan kapan saja tanggal available. Pastikan juga untuk membooking venue dari jauh-jauh hari karena harga akan lebih murah daripada dadakan.

5. Hindari Musim Hujan

Saat menetapkan hari pernikahan, hindari juga pemilihan waktu saat musim hujan. Hal ini dikarenakan akan mengurangi kemungkinan tamu undangan hadir. Penyelenggaraan pernikahan saat musim hujan juga membuat kita lebih harus ekstra hati-hati saat pemilihan konsep ataupun dekorasi pernikahan.

Apalagi untuk kamu yang memiliki impian pernikahan dengan konsep outdoor. Meskipun telah menyiapkan tenda-tenda cantik tetapi hujan yang deras dapat merusak dekorasi dan juga membasahi para tamu.

7. Tentukan Tanggal Cadangan

Semua orang pastinya ingin semua yang kita rencanakan dapat berjalan lancar, tetapi kadang ada beberapa hal yang menyebabkan rencana tersebut harus gagal. Termasuk saat menetapkan hari pernikahan, kita juga harus membuat tanggal cadangan untuk melangsungkan hari berbahagia ini.

Semoga tips Memilih Tanggal Pernikahan dari kakwin ini berguna ya Winners!