Konsultasikan Cincin Impianmu!

Membawa hantaran atau isi seserahan pernikahan jelang menikah menjadi salah satu tradisi yang tak pernah hilang di Indonesia. Umumnya, isi seserahan pernikahan lebih banyak untuk pihak calon pengantin wanita daripada calon pengantin laki-laki.

Seserahan nikah sering diartikan sebagai simbol calon pengantin pria telah mampu memberi nafkah untuk sang calon pengantin wanita. Hantaran sendiri biasanya diberikan dalam jumlah ganjil 5, 7, 11. Apa saja isi seserahannya? Inilah isi seserahan pernikahan yang harus disediakan untuk calon pengantin wanita.

Perlengkapan ibadah

Dalam pernikahan Islam, salah satu isi seserahan pernikahan untuk wanita yang harus ada tentunya perlengkapan ibadah, seperti mukena, sajadah, kitab suci Al Quran, hingga tasbih. Namun banyak yang menyertakan seperangkat alat salat ke dalam mahar mereka.

Alat salat menjadi keharusan dengan maksud agar kedua mempelai selalu ingat akan agama mereka dan melaksanakan kewajibannya sebagai hamba Allah SWT.

Perhiasan

Kemudian ada pula perhiasan sebagai salah satu daftar isi seserahan pernikahan. Perhiasan juga sering dijadikan mahar dari pengantin pria untuk calon mempelai wanita.

Perhiasan umum yang diberikan pengantin pria kepada wanita bisa berupa sepasang anting, cincin, dan kalung. Namun isi seserahan pernikahan yang satu ini bisa didiskusikan disesuaikan dengan kesanggupan dari pihak pria.

Pakaian

Salah satu kebutuhan dasar setiap orang adalah mengenakan pakaian. Untuk itu, pakaian menjadi isi seserahan pernikahan yang wajib ada.

Umumnya, ada dua model set pakaian dalam isi hantaran pernikahan. Satu pakaian kasual dan lainnya untuk ke pesta. Namun tidak ada ketentuan khusus, semua sesuai kebutuhan mempelai wanita karena nantinya isi seserahan pernikahan harus digunakan setelah menikah.

Pakaian Dalam

Set pakaian dalam juga harus ada dalam isi seserahan pernikahan. Sebagai wanita yang santun, kamu tentu perlu mengenakan pakaian dalam saat keluar rumah, seperti underwear dan bra. Untuk itu, pakaian dalam menjadi salah satu isi seserahan pernikahan yang perlu ada.

Tas dan Sepatu

Untuk melengkapi kebutuhan sandang wanita, tas dan sepatu menjadi isi seserahan pernikahan yang umum ada saat pihak pria memberikan hantaran ke calon mempelai wanita. Umumnya, ada model tas pesta dan kasual namun sekali lagi, semua perlu disesuaikan dengan kesanggupan pihak pria.

Sepatu juga menjadi salah satu yang perlu ada dalam setiap hantaran. Sepatu atau sandal menjadi alas kaki yang wajib digunakan saat pergi ke luar rumah untuk melindungi kaki agar tidak terluka. Itulah mengapa, sepatu menjadi salah satu isi yang harus selalu ada.

Perlengkapan Kecantikan

Nabi Muhammad SAW menganjurkan wanita untuk bersolek buat suaminya. Rasulullah SAW bersabda, “Jika dipandang (suami) ia menyenangkan, jika diperintah ia taat, dan ia tidak menyelisihi suaminya dalam perkara-perkara yang dibencinya, baik dalam diri maupu harta”. (HR. Ahmad).

Jadi perlu bagi wanita untuk menghias diri agar bisa menyenangkan suaminya nanti. Inilah mengapa perlengkapan kecantikan seperti menjadi sebuah keharusan dalam isi seserahan pernikahan.

Perlengkapan kecantikan untuk isi seserahan pernikahan bisa disesuaikan dengan kebutuhan mempelai wanita. Perlengkapan kecantikan ini bisa berupa skincare, kosmetik, parfum, atau kebutuhan rias yang biasa digunakan sehari-hari.

Perlengkapan mandi

Kemudian ada pula perlengkapan mandi yang umumnya selalu ada dalam isi seserahan pernikahan. Sesuaikan produk perlengkapan mandi dengan kebutuhan yang biasa digunakan oleh mempelai wanita.

Makanan

Terakhir, tentu harus selalu ada. Makanan menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Umumnya, makanan yang diberikan berupa kue atau roti. Namun dalam beberapa budaya disarankan makanan yang lengket dengan harapan hubungan rumah tangga akan selalu lengket serta mesra.