3 Momen Penting Dalam Proses Pernikahan.

Daftar Isi

“Pernikahan adalah suatu proses ikatan janji suci di antara dua orang manusia, antara laki-laki dan perempuan. Sebagai bentuk ibadah, pernikahan bukan hanya melibatkan dua orang calon mempelai, melainkan dua keluarga serta Tuhan.” 

Itulah sebabnya pernikahan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Dan berikut adalah penjelasan 3 momen penting dalam proses pernikahan, mulai dari Tunangan, Pernikahan dan Anniversary.

Mengenal Apa Itu Pertunangan

Menikah menjadi akhir dari hubungan sepasang kekasih. Setiap pasangan kekasih mempunyai tradisi yang berbeda satu sama lain, sebelum menuju pelaminan. Salah satu cara yang lazim dilakukan adalah tunangan.  

Apa arti tunangan? Tunangan merupakan suatu proses yang harus dilalui oleh sepasang kekasih sebelum ke pelaminan. Tradisi tunangan di setiap daerah, suku agama tidaklah sama.  

Misalnya di wilayah India Barat, pasangan yang melakukan pertunangan saling bertukar anak angsa. Sedangkan di Tiongkok, seorang perempuan wajib menyerahkan hadiah kepada calon suami dalam kurun waktu seminggu setelah pertunangan. Begitu juga yang terjadi di Indonesia, masing-masing daerah dan agama mempunyai tata cara dan ritual pertunangan yang berbeda. 

Istilah tunangan seringkali disejajarkan dengan lamaran. Padahal keduanya memiliki makna yang berbeda. Berikut beda tunangan dan lamaran, jika merujuk pada proses acaranya. 

  • Dari Segi Makna

Meskipun sama-sama memberikan cincin kepada pihak perempuan, namun proses tunangan jauh lebih sederhana. Tunangan hanya sebuah komitmen untuk saling mengikat satu sama lain sebelum melangkah ke jenjang selanjutnya. 

Dalam tunangan sendiri, hal yang paling istimewa adalah mengikat pihak perempuan dengan memasangkan cincin sebagai simbol. 

Sedangkan lamaran, selalu identik dengan acara adat yang melibatkan pihak keluarga untuk meminta restu orangtua sebelum melangsungkan pernikahan. 

Di setiap daerah, proses lamaran sangat bervariasi. Ada yang hanya mengundang kerabat dekat dan teman saja. Ada pula yang mengundang puluhan tamu sebagai saksi di setiap prosesnya. 

  • Dari Segi Acara

Tunangan biasanya hanya sederhana saja, yang penting pihak pasangan saling mengucapkan janji untuk sama-sama menjaga kesetiaan hingga pelaminan. Sama-sama bertukar cincin namun lamaran juga menyerahkan seserahan lainnya. 

  • Dari Segi Jeda Waktu

Jika melihat dari jeda waktu sebelum menuju pernikahan yang sah, tunangan durasinya lebih lama.  Ada yang jeda kurang dari setahun bahkan lebih. Biasanya hal yang mendasari mengapa jeda cukup lama dari waktu tunangan, karena kedua pasangan sama-sama belum siap menikah. Namun keduanya ingin mengikat satu sama lain, sehingga bertunangan terlebih dahulu.

Sedangkan lamaran jeda waktunya lebih singkat, jika memungkinkan hanya berbeda beberapa bulan saja sebelum ke jenjang pernikahan. 

Jika melihat beda tunangan dan lamaran, dapat kamu ketahui bahwa keduanya mempunyai syarat yang sama, yakni acara tukar cincin.  Cincin pertunangan ini menjadi simbol pengikat yang disematkan di jari. Selain itu, cincin juga menjadi simbol pihak perempuan menerima ajakan melangkah ke jenjang berikutnya.

Rekomendasi Cincin Tunangan

Apakah kamu yang sudah mempunyai rencana tunangan dalam waktu dekat? Kini tidak perlu kuatir karena Kak Win akan merekomendasikan beberapa cincin tunangan yang bisa kamu custom

  • Cincin Tunangan Couple Palladium 

Rekomendasi yang pertama adalah cincin nikah couple palladium. Palladium merupakan salah satu logam mulia yang berwarna putih dengan kilau keperakan.

Mengapa memilih bahan palladium? Karena cincin nikah dengan material palladium mempunyai banyak kelebihan. Harganya relatif lebih murah, mudah perawatannya serta aman bagi kamu yang mempunyai kulit sensitif. Yang terpenting, cincin palladium aman dan bisa digunakan oleh laki-laki. 

  • Cincin Tunangan Perak Dengan Lapis Rhodium

Pilihan selanjutnya adalah cincin perak dengan lapisan rhodium. Lapisan rhodium dapat membuat cincin lebih tahan lama dan tidak mudah korosi. Tentu saja, kamu akan terlihat lebih cantik menggunakan cincin perak dengan lapisan rhodium glossy. 

  • Cincin Tunangan Emas Kuning

Rekomendasi selanjutnya adalah cincin emas asli. Beberapa pasangan lebih menyukai cincin emas karena dianggap sebagai logam yang nilainya paling tinggi, selain itu lebih kuat. Agar acara pertunangan kamu dan pasangan lebih sempurna, jangan lupa memesan cincin nikah di Wirata Jewelry.  Ada banyak model cincin nikah dengan material pilihan yang bisa kamu custom desainnya sendiri. 

Langkah Selanjutnya Setelah Resmi Bertunangan

Nah, setelah periode pertunangan dan lamaran, tibalah proses pernikahan. Selalu ada drama sebelum melangsungkan pernikahan. Untuk itulah penting sekali bagi calon mempelai agar selalu menjaga hubungan tetap harmonis dan seimbang.  Berikut beberapa hal yang perlu kamu siapkan setelah proses tunangan, antara lain: 

Mencari Tanggal Pernikahan

Setelah proses tunangan dan lamaran, pastinya kedua belah pihak akan membahas penentuan tanggal pernikahan. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan tanggal pernikahan, seperti : 

  • Memperhatikan Jarak Tanggal antara Pertunangan dan Pernikahan

Sebaiknya jarak waktu pernikahan tidak terlalu mepet dengan waktu lamaran atau tunangan, sehingga bisa mempersiapkan tempat acara, gaun pernikahan, katering dan lainnya. Selain itu, ada dokumen penting yang harus kamu siapkan. Umumnya, persiapan pernikahan membutuhkan waktu sekitar 6 bulan hingga setahun. 

  • Menyesuaikan Hitungan Tanggal Pernikahan dengan Tradisi Budaya

Ada sebagian masyarakat Indonesia yang menentukan tanggal pernikahan dengan patokan tradisi adat. Ada beberapa adat yang meyakini adanya hari baik untuk pernikahan. 

  • Memilih Hari Libur atau Jam Istirahat

Sebaiknya, kamu dan pasangan memilih hari libur atau jam-jam istirahat untuk melangsungkan pernikahan. Tujuannya, agar banyak tamu undangan yang hadir pada acara pernikahan kamu nanti. 

  • Alternatif Tanggal Cantik

Agar tanggal pernikahan dapat diingat dengan mudah, kamu bisa memilih tanggal cantik.  Pemilihan tanggal cantik juga dapat mempermudah kamu mengingat hari pernikahan dan merayakan anniversary

  • Mempersiapkan Tanggal Cadangan

Meskipun semua sudah terencana secara matang, namun terkadang ada sesuatu yang menjadi penghalang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu dan pasangan tetap mempersiapkan tanggal cadangan demi mengantisipas hal-hal buruk yang terjadi. 

Kesiapan Mental

Setelah menentukan tanggal pernikahan, kamu dan pasangan juga harus menyiapkan mental. Bagaimana pun juga, pernikahan merupakan gerbang pembuka untuk kehidupan baru kamu dan pasangan. 

Sehingga harus menyiapkan mental untuk mengarungi segala hal di masa depan nantinya.  Dalam proses menunggu, kamu dan pasangan bisa saling mengenal satu sama lain. 

Berkompromi dengan Keluarga

Di Indonesia, pernikahan tidak hanya menyatukan dua pribadi saja, melainkan juga dua keluarga besar. Oleh karena itu, sebelum melangkah ke jenjang yang lebih tinggi, kamu dan pasangan harus saling berkompromi dengan keluarga masing-masing.  Sehingga tidak terjadi perbedaan pendapat yang menyebabkan pertikaian dua keluarga.  

Mempersiapkan Pernikahan Secara Detail

Karena pernikahan ini merupakan satu momen yang terjadi sekali seumur hidup maka kamu dan pasangan harus mempersiapkan segala hal dengan matang. Mulai dari vendor katering, dekorasi pelaminan, undangan hingga cincin nikah. 

Cincin nikah adalah benda mungil yang sarat makna. Di momen pernikahan, cincin sering menjadi simbol kekuatan cinta dan kesetiaan. 

Bahkan pada zaman Romawi dan Yunani mempercayai bahwa cincin simbol keabadian cinta. Pada zaman tersebut, orang meyakini jari manis mempunyai nadi khusus yang mengalir ke jantung. Itulah yang menjadi alasan, mengapa Winners harus menyematkan cincin di jari manis. 

Sementara itu, bangsa Mesir Kuno mempercayai lingkaran cincin sebagai simbol keabadian cinta yang tanpa akhir dan awal. Jika pada zaman itu, cincin terbuat dari tulang atau kulit, kini cincin banyak yang terbuat dari emas atau material khusus. Bahkan untuk mempercantik cincin yang melingkar di jemari, banyak orang yang memadukan dengan permata, berlian atau ruby. 

Tips memilih Cincin Nikah

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih cincin nikah, antara lain: 

  • Budget

Dalam memilih cincin nikah, kamu juga harus menentukan anggaran yang sesuai. Jangan sampai, kamu melewatkan anggaran untuk keperluan cincin nikah ini. Meskipun benda kecil, namun cincin nikah menjadi sesuatu yang sangat penting di momen pernikahan. 

  • Memilih Bahan Dasar Cincin Nikah

Selain anggaran, kamu juga harus memilih cincin nikah berdasar materialnya. Kini banyak material khusus yang bisa menjadi alternatif cincin nikah selain emas kuning. Mulai dari goldium, platigold, platidigold, atau platidina. Bahan-bahan tersebut merupakan material premium dan exclusive yang akan mempercantik jari tanganmu nanti. 

  • Tentukan Desain dan Ukuran yang Pas

Selain material, kamu juga mendesain cincin nikah sesuai keinginan. Sesuaikan model cincin dengan karakteristik masing-masing. 

Nah, buat pasangan yang simpel, Kak Win akan merekomendasikan model cincin nikah yang classic berhias permata berjejer (mikrosetting). 

Tetapi, bagi kamu yang modern dan menyukai desain unik, bisa memilih tema rustic atau cincin dengan lapis kombinasi hitam glossy. Sementara untuk yang ingin tampil romantis bisa memilih cincin nikah kombinasi rosegold

Selain desain, kunci dalam memilih cincin nikah adalah menemukan ukuran yang pas. Tujuannya, tentu saja demi kenyamanan dalam memakainya. Winata jewelry sebagai brand cincin pernikahan tidak hanya memberikan jasa konsultasi desain, tetapi juga membantu kamu mendapatkan cincin dengan ukuran yang pas. 

Setelah acara pernikahan berlangsung, banyak pasangan yang lupa bahwa cinta harus terus dipupuk, demi menjaga kelanggengan pernikahan. Selain menjaga kesetiaan, kamu dan pasangan juga perlu merayakan hari jadi pernikahan (anniversary).  Banyak yang meremehkan hal ini, padahal merayakan anniversary dalam membuat kehidupan pernikahan kamu dan pasangan menjadi lebih menarik. 

Merayakan anniversary juga menjadi salah satu momen untuk saling mengevaluasi apa saja yang sudah terjadi selama setahun ke belakang. Dengan demikian, kamu dan pasangan dapat memperbaiki hubungan dan mewujudkan harapan-harapan yang mungkin sempat tertunda. 

Cara  Merayakan Anniversary

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan bersama pasangan untuk merayakan anniversary, seperti: 

  • Pergi ke Tempat Pertama Kali Bertemu

Anniversary menjadi momen untuk bernostalgia mengenang saat-saat pertama kali bertemu atau berkencan. Agar lebih menarik, kamu bisa mengajak pasangan ke tempat pertama kali bertemu dan berkenalan. Duduk bersama dan membicarakan hal-hal yang membuat saling tertarik menjadi momen yang akan membahagiakan. 

  • Membuat Special Dinner Di Rumah 

Selain makan malam di restoran yang mewah, kamu dan pasangan juga bisa membuat special dinner di rumah.  Ajak pasangan untuk berbelanja bersama dan menyiapkan masakan berdua. Jangan lupa, siapkan lilin romantis dan pasang musik yang romantis agar aktivitas tersebut menjadi lebih berkesan dan tak terlupakan. 

  • Merayakan Bersama Keluarga Besar

Merayakan anniversary juga bisa dilakukan dengan mengundang keluarga besar.  Tujuannya agar jalinan silaturahmi semakin terjaga. 

  • Melakukan Kegiatan Menantang Berdua

Cara lain untuk merayakan anniversary adalah melakukan kegiatan extrem berdua. Misalnya pergi hiking dan berkemah, melepas segala urusan pekerjaan dan kepenatan sehari-hari. Menghabiskan waktu berdua saja, sambil merajut mimpi masa depan. 

  • Memberikan Cincin Anniversary

Untuk memberikan kesan anniversary lebih romantis, dan menyentuh hati. Kamu bisa merayakan anniversary dengan saling memberi hadiah. Silahkan tukar hadiah yang spesial untuk orang terkasih. Salah satu kado yang berkesan adalah cincin. 

Jika ada cincin nikah, maka ada pula cincin anniversary. Meskipun sama-sama cincin untuk merayakan momen bahagia, namun keduanya tidaklah sama. Model cincin nikah lebih simple, polos dengan sedikit hiasan. Sedangkan cincin anniversary, desainnya lebih glamour dengan beberapa hiasan permata. 

Apakah cincin anniversary harus terbuat dari emas putih? Pada dasarnya tidak ada aturan material yang digunakan untuk cincin anniversary. Kamu bisa memilih dari emas putih, kuning, rose gold atau material lainnya. Sesuaikan saja dengan gaya dan selera kamu serta pasangan. 

Salah satu model cincin yang paling banyak dipilih untuk momen anniversary adalah solitaire ring. Bentuknya yang klasik sangat pas untuk simbol endless love. Cincin solitaire tidak akan kehilangan kesan mewah dan elegan, meskipun tampil minimalis. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih cincin dengan two tone atau kombinasi warna. Model cincin dengan kombinasi warna memang terlihat lebih glamour, apalagi jika kamu menambahkan aksen permata di tengah cincin. 

Winata Jewelry, Vendor Cincin Custom  yang Terbaik dan Berkualitas

Saat ini, kamu tidak perlu bingung memilih cincin untuk momen bahagia. Karena Winata Jewelry siap membantu mewujudkan wedding ring impianmu. Kak Win siap menjadi saksi indah kebersamaan kamu dan pasangan dalam ikatan suci pernikahan. 

Tak hanya menggunakan material premium dan exclusive, Winata Jewelry juga menyediakan jasa konsultasi model serta ukuran. Kamu juga bisa memesan cincin nikah melalui online atau datang langsung ke offline yang tersebar di 14 cabang kota di Indonesia. Lebih daripada itu, kamu akan mendapatkan garansi produk. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi Winata Jewelry untuk persiapkan proses pernikahan (tunangan-pernikahan-anniversary) kamu.

Other Article

Koleksi Cincin:

Follow Us: