Kamu Perlu Tahu: Etika Pertunangan dan Cincinnya

Daftar Isi

Winners, memberi dan menerima cincin pertunangan adalah proses menghargai komitmen pasangan yang hendak memulai hidup baru. Bertunangan juga merupakan waktu yang berpotensi sensitif mengingat banyaknya harapan dan ritual seputar langkah hidup kedua mempelai. Tentu saja, ada berbagai etika tentang pertunangan dan cincinnya yang perlu kamu tahu. 

Apa saja itu? Simak pembahasan lengkap Kak Win pada artikel kali ini! 

Bagaimana Cara Memilih Cincin Pertunangan?

Dengan begitu banyak pilihan untuk cincin pertunangan, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor terkait etikanya. Kamu perlu tahu bagaimana cara yang tepat dalam memilih cincin pertunangan dan bagaimana cara terbaik untuk membelinya.  

  • Kebutuhan

Sebenarnya, tidak ada syarat cincin pertunangan yang khusus ketika kamu melamar pasangan. Namun, banyak pasangan bertunangan yang kemudian berbelanja cincin bersama. Melakukan hal ini adalah ide yang bagus jika pasangan ingin memesan cincin khusus tetapi tidak ingin menunggu proses pembuatan cincin untuk bertunangan. 

  • Membayar Cincin

Etiket pertunangan tradisional menentukan bahwa seharusnya pengantin prialah membeli cincin pertunangan. Namun, beberapa pasangan memutuskan untuk membagi biaya. 

Kendati demikian, pria masa kini harus mempertimbangkan keinginan tunangan mereka sebelum menanggung biaya. Pasalnya, beberapa wanita juga ingin memberikan sumbangsih agar bisa mendapatkan cincin sesuai dengan keinginan. 

Jika pasangan wanitamu termasuk seorang yang romantis, kemungkinan besar dia mengharapkan tunangannya untuk menjalankan tradisi ini. Namun, ketika pasangan memutuskan untuk berbagi biaya cincin, perencanaan dan penganggaran dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mendapatkan wawasan sudut pandang ekonomi satu sama lain sebelum menikah. Jadi, hal ini dapat menjadi dasar untuk membangun masa depan keuangan yang sehat.

  • Pemilihan Cincin

Cincin pertunangan tradisional biasanya terbuat dari berlian. Namun, modern ini, cincin dapat terbuat dari berbagai jenis batu permata. 

Kendati demikian, tampilan tradisional masih dapat dapat kamu pertahankan dengan menempatkan berlian di tengah bingkai permata lainnya. Yang terpenting adalah pasangan merasa nyaman dengan cincin yang mereka pakai.

  • Membeli Cincin 

Tentu saja, kamu perlu mempertimbangkan toko perhiasan saat hendak membeli cincin pertunangan. Berdiskusilah dengan pasangan mengenai budget serta model cincin yang kalian inginkan. Kemudian, datanglah ke toko untuk mencari atau memesan cincin yang sesuai dengan harapan.

Winata Jewelry menyediakan banyak pilihan cincin pertunangan yang menarik. Selain itu, Kak Win juga punya penawaran custom ring untuk kamu dan pasangan yang ingin tampil unik dan beda. Dengan memesan cincin custom, harga cincin tunangan pun bisa kamu sesuaikan dengan budget pribadi.

Memakai Cincin Tunangan di Jari Mana?

Winners, keputusan untuk meletakkan cincin di jari adalah sepenuhnya ada di tangan kamu. Namun, kamu juga perlu mengetahui pertimbangan konvensional mengenai di mana seharusnya kamu memakai cincinmu. Oleh karena itu, Kak Win akan membahasnya sedikit lebih mendalam. 

  • Penempatan Cincin

Tradisi modern menentukan cincin pertunangan harus kamu pakai di jari manis tangan kiri. Meskipun begitu, kamu sebenarnya bebas meletakkannya di mana saja. 

Beberapa pasangan bahkan meletakkan cincin tunangan di jari tengah. Terlebih lagi, jari tengah konon mengindikasikan kehidupan yang seimbang. Oleh karena itu, seorang perempuan yang memakai cincin tunangan di jari tengah biasanya menggunakannya sebagai lambang ekspektasi akan kehidupan yang lebih baik di masa depan. 

  • Setelah Pernikahan

Setelah kamu menggelar pernikahan, cincin tunangan biasanya harus kamu pakai tepat di atas cincin kawin. Kedua cincin ini seharusnya kamu letakkan di jari manis tangan kiri karena paling dekat dengan hati. 

  • Selama Upacara

Di pesta pernikahan, mempelai pria akan menyelipkan cincin kawin di jari mempelai wanita. Hal inilah yang kemudian menyebabkan dilema tentang apa yang harus kamu lakukan dengan cincin pertunangan selama upacara. Meskipun begitu, tidak ada aturan khusus yang harus kamu ikuti. 

Ada beberapa wanita yang menanggalkan cincin pertunangan dari jari mereka selama upacara dan memakainya lagi nanti. Sebaliknya, ada juga yang tetap memakai cincin pertunangan mereka di tangan kanan mereka sampai setelah upacara. 

Akhir Kata

Cincin pertunangan bernilai lebih dari sekadar perhiasan yang berkilauan. Perhiasan yang satu ini adalah simbol hubungan kedua mempelai. Oleh karena itu, memahami etika tentang pertunangan dan cincinnya sangat penting untuk menghormati komitmen dan janji setia pasangan.

Other Article

Koleksi Cincin:

Follow Us: