6 Etika Tentang Pernikahan dan Cincinnya

Daftar Isi

Cincin kawin adalah simbol cinta abadi bagi kamu dan pasangan. Oleh karena itu penting untuk memiliki etika yang tepat dalam pemilihan dan penggunaannya. Kak Win, ingin menjelaskan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan soal cincin kawin. Jadi, bacalah artikel ini sampai akhir, ya! Jangan sampai kamu ketinggalan detail tentang pernikahan dan cincinnya.

1. Pemakaian Cincin Nikah

Banyak yang bertanya soal cincin nikah perempuan di jari mana. Nah, ada banyak cara untuk memakai cincin kawin. Misalnya, beberapa orang lebih suka memakai cincin pertunangan mereka di tangan kiri dan kemudian memindahkannya ke tangan kanan bersama cincin kawin setelah menikah. Sementara, yang lain menyukai pemakaian cincin tunangan dan cincin kawin di kedua tangan yang berbeda. 

Pemakaian cincin sepenuhnya bergantung pada preferensi. Namun, kebanyakan orang memang mengenakan cincin di jari manis tangan kiri karena paling dekat dengan hati. Kendati demikian, Kak Win tetap menyarankan untuk mengenakannya di jari yang paling nyaman untukmu. Terlebih lagi, kamu akan memakai cincin nikah setiap saat.

2. Keamanan Pemakaian

Dalam hal merawat cincin nikah, hal terpenting adalah melindungi cincinnya. Sebaiknya, kamu menghindari pemakaian cincin saat berada di dalam air. Selanjutnya, pastikan untuk selalu melepaskan cincin saat melakukan aktivitas apapun yang dapat menyebabkan kerusakan, seperti memasak, berolahraga atau berkebun.

Meskipun sudah berhati-hati, cincin nikah tetap bisa tergores atau berkurang kilaunya. Jika ini terjadi, Kak Win punya solusi sendiri. Kamu bisa membawa cincin nikahmu ke Winata Jewelry. Winata Jewelry bisa melakukan perbaikan cincin dan menghilangkan goresan. Jadi, cincin kamu akan tampak seperti baru lagi. 

3. Ukuran yang Tepat

Memastikan bahwa cincin kawinmu berukuran tepat adalah salah satu hal terpenting yang harus kamu perhatikan saat menikah. Jangan meremehkan hal ini, ya! Kak Win sering sekali menemui pasangan yang lupa memperhatikan ukuran cincin mereka kemudian menyesal belakangan. 

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mengukur jari sebelum membeli cincin. Lebih daripada itu, kamu bisa berkonsultasi dengan toko perhiasan untuk mengukur jemarimu. Terkadang, ukuran cincin juga bisa berbeda bergantung pada bentuk cincin yang kamu inginkan. Jadi, kamu harus selalu berkonsultasi dengan toko mengenai bentuk, model dan ukuran cincin supaya pas di jarimu dan pasangan. 

4. Jangan Hanya Mengikuti Tren

Cincin nikah harus menjadi simbol klasik cintamu dan pasangan yang tak lekang oleh waktu dan bertahan selamanya. Oleh karena itu, mencari model cincin nikah yang tepat bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi, kamu pasti menginginkan batu yang paling cocok dengan gaya dan kepribadian pasangan sehingga cincin nikah dapat menjadi sesuatu yang ingin ia  kenakan setiap hari selama sisa hidup mereka.

Jadi, jangan terjebak dalam tren saat memilih cincin pertunangan. Sebaliknya, fokuslah untuk menemukan cincin nikah berdasarkan preferensi perhiasan pasangan. Kamu juga bisa mengkombinasikan cincin dengan warna favorit pasangan jika kamu sudah cukup mengenalnya!

5. Komunikasi

Apakah kamu ingin membeli cincin nikah bersama pasangan? Kamu mungkin perlu berdialog terlebih dahulu dengannya mengenai bentuk, model dan harga cincin yang akan kamu beli. Ingat! Pernikahan adalah kesepakatan bersama. Oleh karena itu, penting juga membangun komunikasi dalam menentukan banyak hal termasuk membeli cincin pernikahan. 

Dengan berkomunikasi, kamu bisa memastikan bahwa pilihan model dan harga cincin sudah sesuai dengan keinginan kedua belah pihak. Jadi, usahakan agar pasangan ikut terlibat dalam pemilihan dan pembelian cincin nikah. Diskusikan juga tentang waktu yang akan kalian luangkan untuk membahas hingga membeli cincin. 

6. Bagaimana Jika Pasangan Ingin Membelikan Cincin?

Jika pasanganmu ingin membelikan cincin sebagai hadiah, maka kamu mungkin harus menerimanya. Biasanya, pasangan tetap akan bertanya tentang model yang kamu inginkan. Namun, menanyakan budget yang ia miliki bisa dianggap tidak sopan. Jadi, hindari untuk bertanya soal ini. 

Ingat! Makna cincin pernikahan adalah simbol cinta kalian, bukan mahar. Meskipun kamu penasaran dengan harga cincin hadiah, kamu tidak perlu menuntut pasangan untuk mengatakannya. 

Jika kamu ingin tahu berapa biaya pembelian cincin itu, tanyakan saja soal proses pemesanannya. Biasanya, pasangan akan menjelaskan prosesnya walaupun ia tidak selalu akan menyebutkan harganya. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir karena kemungkinan besar ia hanya menginginkan yang terbaik untuk kalian berdua. 

Akhir Kata 

Ada etika tentang pernikahan dan cincinnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Kak Win, hanya ingin memastikan Winners sudah tahu semua etika ini sebelum melangkah ke jenjang berikutnya. Selamat menempuh hidup baru, Winners!

Other Article

Koleksi Cincin:

Follow Us: