Konsep Penting Tentang Ulang Tahun Pernikahan dan Cincinnya

Daftar Isi

Jika kamu sedang mencari cara yang spesial untuk merayakan ulang tahun pernikahan, maka membeli cincin adalah jawabannya. Perhiasan yang sangat berarti ini bisa menjadi simbol dari cinta yang sudah kamu bagi dengan pasangan sampai saat ini. Lalu, apa saja sebenarnya konsep penting tentang ulang tahun pernikahan dan cincinnya? 

Kak Win akan membantu menjelaskannya lewat artikel kali ini! 

Apa itu Cincin Ulang Tahun Pernikahan? 

Cincin untuk ulang tahun pernikahan biasanya berbentuk layaknya cincin nikah. Bedanya hanya kamu harus memberikannya pada saat ulang tahun pernikahan, bukan pada hari pernikahan. 

Cincin ulang tahun pernikahan bisa menggunakan berlian, batu permata lain, atau emas. Biasanya, suami yang harus memberikan cincin ini kepada istrinya. Namun, banyak pasangan yang akhirnya memilih untuk merayakan hari spesialnya dengan cincin yang berpasangan. 

Kapan Seharusnya Kamu Membeli Cincin Ulang Tahun Pernikahan? 

Tidak ada aturan yang membelenggu soal kapan kamu harus membeli cincin. Namun, banyak pasangan memutuskan untuk melakukannya di momen ulang tahun pernikahan tertentu seperti yang kesepuluh, 15, 20, 25, dan selanjutnya. Kendati demikian, cincin ulang tahun pernikahan tetap merupakan hadiah yang tepat untuk setiap tahunnya. 

Kamu juga bisa memberikan cincin ulang tahun pernikahan kepada pasangan, jika kamu ingin memperbarui janji pernikahan. Terlebih lagi, cincin jenis ini memang cara yang spesial untuk menghargai komitmen yang telah kalian bangun satu sama lain. 

Agar terasa spesial, kamu bisa mencocokkan jumlah batu pada cincin dengan jumlah tahun yang sudah kamu lalui bersama pasangan. Misalnya saja, pada ulang tahun pernikahan 10 tahun, kamu bisa menggunakan sepuluh permata pada cincin. Lebih daripada itu, kamu juga bisa memilih batu permata yang sesuai dengan perasaan cinta kalian yang romantis. 

Bagaimana Cara Memakai Cincin Ulang Tahun Pernikahan?

Ada beberapa cara untuk memakai cincin ulang tahun pernikahan. Meskipun demikian kamu juga harus tahu bahwa cincin ini bisa kamu pakai di mana pun kamu mau. Pada dasarnya, peletakan cincin sangat tergantung pada preferensi pasangan. Semuanya terserah pada kalian. 

Arahan memakai cincin yang akan Kak Win jelaskan ini bisa kamu gunakan sebagai referensi:

1. Menggantikan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah 

Beberapa pasangan memutuskan bahwa cincin ulang tahun pernikahan bisa menggantikan cincin tunangan dan cincin nikah. Oleh karena itu, mereka biasanya melepaskan kedua cincin lama dan menggunakan cincin ulang tahun pernikahan saja. 

2. Memakai Cincin di Jari yang Sama

Selanjutnya, ada juga yang ingin mempertahankan cincin tunangan dan cincin nikah mereka. Jika kamu termasuk pasangan yang seperti ini, kamu bisa menempatkan cincin ulang tahun pernikahan di jari yang sama dengan cincin tunangan dan cincin nikah. Biasanya, pasangan mengenakan cincin ulang tahun pernikahan di atas sendiri di jari manis tangan kiri.

3. Tangan yang Sama Beda Jari 

Namun, kamu juga bisa mengenakan cincin ulang tahun pernikahan di jari yang berbeda pada tangan yang sama. Opsi ini biasanya akan membuat jarimu terasa lebih ringan daripada menempatkan semua cincin di jari yang sama. 

4. Beda Tangan 

Jika kamu tidak ingin cincin ulang tahun pernikahanmu berkompetisi dengan cincin tunangan dan cincin nikah, maka kenakanlah cincin barumu di tangan kanan. Kamu bisa memilih jari yang mana saja, tidak harus di jari manis. 

Meskipun cincin ulang tahun pernikahan biasanya diberikan kepada istri, suami juga bisa menggunakan cincin ini. Sama dengan pihak perempuan, tidak ada aturan yang mengikat tentang di mana seorang pria harus meletakkan cincinnya.

Memilih Cincin Ulang Tahun Pernikahan 

Pilihan gaya hidupmu mungkin sudah berkembang sejak kamu menikah. Oleh karena itu, cincin ulang tahun pernikahan adalah kesempatan untuk memilih cincin yang menampilkan gaya hidup kamu dan pasangan di masa kini. 

Pertama-tama, kamu harus mempertimbangkan caramu mengenakan cincinnya. Jika cincin ulang tahun pernikahan akan menggantikan cincin tunangan dan cincin nikah, maka kamu harus memilih cincin berlian yang baru. Namun, jika kamu akan mengenakannya bersama cincin tunangan dan cincin nikah kamu bisa memilih cincin dengan model yang melengkapi cincin sebelumnya. 

Winata Jewelry punya banyak model cincin ulang tahun pernikahan sesuai dengan kebutuhanmu. Oleh karena itu, kamu bisa langsung mendatangi toko kami dan berkonsultasi untuk menjajal pilihan cincin terbaik. 

Akhir Kata

Winners, ulang tahun pernikahan sama pentingnya dengan hari pernikahan sendiri. Ini adalah momen untuk merayakan kebahagiaan dan komitmen yang sudah pasangan bangun bersama. Mempelajari tentang ulang tahun pernikahan dan cincinnya adalah wujud penghargaanmu pada pasangan. Jangan lupa untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masa depan bersama!

Other Article

Koleksi Cincin:

Follow Us: