5 Tips Memilih Model Cincin Nikah Classic dan Elegan

Daftar Isi

Pada setiap momen sakral pernikahan, sering Winners jumpai tradisi pemakaian cincin di jari manis pengantin. Cincin nikah merupakan lambang akan kekuatan cinta dan kesetiaan kedua mempelai. Namun, ada banyak model dan bahan dasar cincin yang sering membuat calon pengantin kesulitan. Kak win akan beri bocoran tips memilih model cincin nikah classic dan elegan yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu.  

5 Tips Memilih Model Cincin Nikah Classic dan Elegan

Sekilas model cincin nikah terlihat sama, namun ketika mengamati secara detail ada banyak bahan dan bentuk yang bisa kamu pilih. Saat ini ada banyak sekali model cincin di pasaran,  namun beberapa pasangan lebih tertarik dengan model classic. Klasik bukan berarti kuno, justru menonjolkan kesan simple  membuat cincin  jauh terlihat lebih elegan. 

1. Pilih Jenis Emas dan Kadar yang Sesuai

Ada beberapa jenis emas yang dapat kamu pilih di pasaran, mulai emas putih, emas kuning, platina, palladium atau perak.  Kini, kamu juga bisa memilih material premium seperti platidigold, goldium, platigold, atau platidina untuk custom cincin klasik nan elegan. 

2. Tentukan Ukuran Lebar dan Bentuk Cincin

Sebelum menentukan model cincin, kamu bisa memperhatikan aspek ukuran lebar cincin. Adapun ukuran lebar cincin  mulai 1,5 mm sampai lebih dari 6 mm. 

Lebar cincin dapat kamu pesan secara custom, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan selera. Agar lebih berkesan elegan, kamu bisa memesan cincin berukuran 2,6 mm dan 4 mm, untuk mempelai wanita dan pria.

Untuk model cincin yang terkesan elegan, kamu bisa memilih bentuk meramping ke bawah. Meramping ke bawah berarti bagian atasnya lebih lebar. 

3. Perhatikan Jenis Finishing

Finishing merupakan proses pemberian warna atau lapisan luar cincin dengan cairan Rhodium. Umumnya, terdapat beberapa pilihan finishing, yaitu putih, kuning, rosegold atau hitam. Masing-maing finishing mempunyai berbagai tekstur, seperti glossy, doff, satin, poles atau cukit pasir. 

  • Finishing Glossy adalah tekstur yang paling banyak di pasaran. Teksturnya mengkilap serta berkilau. 
  • Doff Halus, merupakan proses finishing yang membuat cincin terlihat tidak mengkilap atau matte. 
  • Doff Amplas adalah proses finishing yang menghasilkan goresan sedikit halus dengan tekstur yang tidak searah. 
  • Doff Hairline, merupakan finishing dengan goresan amplas dengan tekstur yang lebih beraturan
  • Satin merupakan proses finishing yang lebih kasar, tidak beraturan dan sedikit mengkilap. 
  • Cukit pasir, merupakan motif yang dihasilkan dari motif cukit sehingga terlihat bintik-bintik dengan butiran pasir menempel pada permukaan cincin.
  • Poles merupakan proses penghalusan seluruh permukaan cincin agar terlihat glossy dan sesuai dengan warna aslinya. 
  • Kombinasi, sesuai dengan namanya proses finishing kombinasi artinya menggabungkan 2 jenis finishing dan 2 warna dalam satu cincin. 

Melihat beberapa pilihan finishing di atas, untuk model cincin nikah elegan kamu bisa memilih jenis finishing cukit pasir, satin atau poles. Ketiga proses finishing tersebut membuat tampilan cincin terlihat lebih natural. Selain itu, model kombinasi glossy putih dan glossy rose gold juga bisa menjadi pilihan cincin nikah couple yang simple namun elegan.

4. Tidak Memiliki Banyak Aksen

Pada dasarnya, ada banyak model cincin nikah terbaru yang bisa menjadi pilihan. Namun, model simple yang timeless mempunyai daya tariknya sendiri. Model simple dan klasik tidak banyak memiliki aksen. Bahkan, salah satu kriteria cincin klasik yaitu hanya berbentuk band saja tidak ada aksen hiasan apapun. 

Model yang minimalis ini cocok dipakai oleh pria atau wanita. Nah, agar tampilan lebih elegan, maka kamu bisa memilih bahan platinum, palladium atau emas putih. 

Tampilan klasik minimalis dapat kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari, bahkan tetap terlihat manis di jari Winners. 

5. Perhatikan Jenis Pemasangan Permata

Tidak memiliki banyak aksen bukan berarti tanpa permata. Seperti kamu iketahui, ada banyak jenis pemasangan permata, mulai dari jepit, gigi mangkok, permata parasit hingga yang ditanam. 

Agar lebih elegan dan klasik, kamu bisa memilih permata tanam atau jepit. Cara pemasangan permata yang ditanam pada cincin membuat tampilan lebih minimalis dan tidak norak. Sedangkan pemasangan permata jepit dilakukan dengan mengapit permata di antara liang permata dengan batang cincin. 

Koleksi Wedding Ring Dari Winata Jewelry, Bisa Menjadi Pilihan Terbaik

Winata Jewelry merupakan brand cincin pernikahan yang menawarkan banyak pilihan cincin emas untuk menyempurnakan kesakralan momen pernikahanmu. Kakwin menyediakan model cincin dari yang simple, hingga rumit. 

Terlebih lagi dengan beragam pilihan proses finishing yang bisa kamu sesuaikan. Karena menikah merupakan momen sakral yang dilakukan sekali seumur hidup, maka simbol pernikahan pun harus istimewa, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Segera pesan cincin nikah ke Winata Jewelry. Karena ada banyak benefit yang akan kamu dapatkan. Seperti garansi hingga 9 tahun, baik berganti ukuran, permata atau finishing ulang. Menariknya lagi, Winners juga bisa memesan ukiran nama kamu dengan pasangan, loh. Yuk, temukan cincin nikah classic dan elegan di Winata jewelry.

Other Article

Koleksi Cincin:

Follow Us: